Pengembangan Modul Ajar Metode Bercerita dalam Kemampuan Berbicara pada Anak Usia Dini Untuk Meningkatkan Iman dan Taqwa

Handayani, Yekti (2025) Pengembangan Modul Ajar Metode Bercerita dalam Kemampuan Berbicara pada Anak Usia Dini Untuk Meningkatkan Iman dan Taqwa. Tesis, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of YEKTI HANDAYANI_231007110_HALAMAN DEPAN.pdf] Text
YEKTI HANDAYANI_231007110_HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[thumbnail of YEKTI HANDAYANI_231007110_BAB 1.pdf] Text
YEKTI HANDAYANI_231007110_BAB 1.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of YEKTI HANDAYANI_231007110_BAB 2.pdf] Text
YEKTI HANDAYANI_231007110_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB) | Request a copy
[thumbnail of YEKTI HANDAYANI_231007110_BAB 3.pdf] Text
YEKTI HANDAYANI_231007110_BAB 3.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of YEKTI HANDAYANI_231007110_BAB 4.pdf] Text
YEKTI HANDAYANI_231007110_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of YEKTI HANDAYANI_231007110_BAB 5.pdf] Text
YEKTI HANDAYANI_231007110_BAB 5.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of YEKTI HANDAYANI_231007110_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
YEKTI HANDAYANI_231007110_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of YEKTI HANDAYANI_231007110_LAMPIRAN.pdf] Text
YEKTI HANDAYANI_231007110_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB) | Request a copy

Abstract

Pada anak usia dini pengembangan berbicara sangatlah penting, karena pada usia dini adalah masa peka bagi anak. Bagi anak, kegiatan bercerita adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Sesuai pada tujuan pendidikan melalui Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3 yang berbunyi “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab”. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan rasa percaya diri pada anak usia dini di TK Bintang Nusantara Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan R&D (Research and Development). Sumber data utama adalah kepala sekolah, guru kelas dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi lapangan dan wawancar. Peneliti menggunakan triangulasi untuk mengecek keabsahan data. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yaitu, teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa dengan modul ajar metode bercerita mampu meningkatkan kemampuan berbicara anak dan mengembangkan rasa percaya diri pada anak. Maka dari itu, disarankan kepada guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak dapat menggunakan metode bercerita dengan melibatkan anak secara langsung.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: modul ajar, metode bercerita, bahasa anak
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 372 Pendidikan Dasar > 372.8 Pengajaran Lainnya untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yekti Handayani
Date Deposited: 14 Apr 2025 01:04
Last Modified: 14 Apr 2025 01:04
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year