Winarno, Andhika Sarfatra (2024) Evaluasi Pembelajaran Fiqih Akhlak Siswa SDIT Al Madinah Putra Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2023/2024. Tesis, Institut Islam Mamba`ul `Ulum Surakarta.
![[thumbnail of ANDHIKA SARFATRA WINARNO_231007139_HALAMAN DEPAN - ANDHIKA SARFATRA.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ANDHIKA SARFATRA WINARNO_231007139_HALAMAN DEPAN - ANDHIKA SARFATRA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
![[thumbnail of ANDHIKA SARFATRA WINARNO_231007139_BAB1 - ANDHIKA SARFATRA.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ANDHIKA SARFATRA WINARNO_231007139_BAB1 - ANDHIKA SARFATRA.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of ANDHIKA SARFATRA WINARNO_231007139_BAB2 - ANDHIKA SARFATRA.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ANDHIKA SARFATRA WINARNO_231007139_BAB2 - ANDHIKA SARFATRA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (263kB) | Request a copy
![[thumbnail of ANDHIKA SARFATRA WINARNO_231007139_BAB3 - ANDHIKA SARFATRA.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ANDHIKA SARFATRA WINARNO_231007139_BAB3 - ANDHIKA SARFATRA.pdf
Download (49kB)
![[thumbnail of ANDHIKA SARFATRA WINARNO_231007139_BAB4 - ANDHIKA SARFATRA.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ANDHIKA SARFATRA WINARNO_231007139_BAB4 - ANDHIKA SARFATRA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (97kB) | Request a copy
![[thumbnail of ANDHIKA SARFATRA WINARNO_231007139_BAB5 - ANDHIKA SARFATRA.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ANDHIKA SARFATRA WINARNO_231007139_BAB5 - ANDHIKA SARFATRA.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of ANDHIKA SARFATRA WINARNO_231007139_DAFTAR PUSTAKA - ANDHIKA SARFATRA.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ANDHIKA SARFATRA WINARNO_231007139_DAFTAR PUSTAKA - ANDHIKA SARFATRA.pdf
Download (148kB)
![[thumbnail of ANDHIKA SARFATRA WINARNO_231007139_LAMPIRAN - ANDHIKA SARFATRA.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ANDHIKA SARFATRA WINARNO_231007139_LAMPIRAN - ANDHIKA SARFATRA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (671kB) | Request a copy
Abstract
Fiqih Akhlak merupakan bagian dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan mempelajarinya, siswa diharapkan bisa meningkatkan kualitas sepiritual, pengendalian diri, akhlak mulia. Hal tersebut sesuai dengan tujuan pendidikan dalam Perundang-undangan tentang Sistem Pendidikan No.20 tahun 2003. Namun faktanya, sebagian siswa hanya menjadikan pembelajaran agama hanya sebatas ilmu pengetahuan dan hafalan saja, sehingga prestasinya hanya dalam aspek kognitif saja. Sedangkan aspek afektif dan konatif-volitif belum terpenuhi. Padahal tujuan pendidikan tidak untuk memenuhi satu aspek saja, melainkan untuk memenuhi ketiga aspek tersebut. Oleh karena itu harus dilakukan evaluasi dalam proses pembelajaran agar diperoleh data yang berfungsi sebagai bahan perbaikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan dan pelaksanaan pembelajaran fiqih akhlak di SDIT Al Madinah Putra Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data utama adalah kepala sekolah, guru fiqih akhlak, dan para siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan dan wawancara, serta studi kepustakaan. Peneliti menggunakan triangulasi untuk mengecek keabsahan data. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yaitu, teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Guru telah menyusun Modul Ajar dengan baik dan telah sesuai dengan Permendikbud Nomor 16 Tahun 2022. Akan tetapi penggunaan metode dan strategi pembelajaran guru masih harus dtingkatkan. 2) Pelaksanaan dalam proses pembelajaran juga sudah sesuai kreteria yang telah ditetapkan dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Menurut guru fiqih akhlak di SD tersebut, sebab dari siswa yang perlu ditingkatkan aspek afektifnya adalah kurangya kerja sama antara orang tua dan wali kelas.
Item Type/Tipe Dokumen: | Tesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi proses, Pembelajaran Fiqih, Akhlak Siswa, Sekolah Dasar Islam Terpadu |
Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 290 Agama-agama Lain > 297 Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Staf Perpus |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 06:29 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 06:29 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/483 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year