Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 4 Klaten Tahun Ajaran 2024/2025

Kusuma, Andriansyah (2025) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 4 Klaten Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membiasakan shalat Dzuhur berjamaah pada siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 4 Klaten Tahun Ajaran 2024/2025. Fokus penelitian meliputi peran guru PAI, kendala yang dihadapi dalam pembiasaan shalat berjamaah, serta upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan tersebut.
Penelitian ini di lakukan di MTS Negeri 4 Klaten tahun ajaran 2024/2025, Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang terbentuk kualitatif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian adalah guru PAI dan siswa yang berjumlah 493, dan pengambilan sampel penelitian ini menggunakan random sampling, dengan jumlah dua guru PAI kemudian tiga siswa kelas VII dan VIII.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan sebagai pendidik, motivator, teladan, dan pengawas dalam pelaksanaan shalat Dzuhur berjamaah. Kendala yang ditemukan meliputi kurangnya kesadaran siswa, gangguan kedisiplinan, dan minimnya dukungan lingkungan. Upaya yang dilakukan guru antara lain memberikan motivasi spiritual, menerapkan disiplin bertahap, dan mengintegrasikan kegiatan keagamaan dengan pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan dalam penguatan karakter religius siswa melalui pembiasaan ibadah di sekolah.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Shalat Dzuhur Berjamaah, Pembiasaan
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andriansyah Kusuma
Date Deposited: 27 Aug 2025 02:44
Last Modified: 27 Aug 2025 02:44
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/577

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year