Pengaruh Literasi Baca terhadap Minat Baca Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist di Madrasah Tsanawiyah Tahfidzul Qur'an Al-Fitrah Grajegan Tawangsari Sukoharjo pada Tahun Ajaran 2024/2025

Hidayat, Faris Muhana (2025) Pengaruh Literasi Baca terhadap Minat Baca Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist di Madrasah Tsanawiyah Tahfidzul Qur'an Al-Fitrah Grajegan Tawangsari Sukoharjo pada Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta..

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of Lampiran-lampiran.pdf] Text
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menyimpulkan seberapa pengaruh Gerakan literasi di sekolah yang didirikan di negara Indonesia terhadap belajar siswa khususnya pada minat baca setiap siswa.
Jenis penelitian ini ialah kuantitatif. Yang diteliti dan diolah dengan cara alat bantu statistic yang berupa SPSS versi 25. Adapun penelitian ini fokus pada seluruh siswa/siswi yang berjumlah 55 peserta didik di MTsTQ Al-Fitrah Grajegan Tawangsari Sukoharjo. Teknik pengumpulan data penelitian melalui penyebaran kuesioner atau angket tertulis kepada siswa. Instrumen penelitian berkaitan dengan literasi baca siswa (variable x) dan minat baca siswa (variable y) yang berjumlah 20 pernyataan setiap variabel. uji validitas dan reliabilitas masing-masing instrumen pernyataan variabel x dikatakan valid dan reliabel. dari hasil olahan data spss menunjukkan nilai korelasi setiap item pernyataan lebih besar dari nilai r tabel 0,266 dan nilai cronbach’s alpha 0.874 lebih besar dari 0,06. Uji validitas dan reliabilitas pada instrumen pernyataan variabel y dikatakan valid dan reliabel. dari hasil olahan data spss menunjukkan nilai korelasi setiap item pernyataan lebih besar dari nilai r tabel 0,266 pada taraf sig dua arah 0,05 dan nilai cronbach’s alpha 0.843 lebih besar dari 0,06. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, pengolahan data, analisis statistik, dan interpasi hasil.
Hasil penelitian ini terdapat pengaruh signifikan literasi baca terhadap minat baca siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil olahan data nilai sig pada uji hipotesis uji t senilai 0,02 ≤ 0,05 dan uji t-hitung lebih besar dari t-tabel dengan nilai 3,252 ≥ 2,006 (dilihat dengan nilai absolut), dan dapat dikatakan terdapat pengaruh siginifikan variabel x terhadap variabel y. Dan dapat disimpulkan bahwa penelitian ini hipotesis H0 ditolak sedangkan HA diterima. Saran pada penelitian ini diharapkan setiap pendidik dan siswa selalu berpartisipasi dalam mengembangkan dan melestarikan budaya literasi baca di era modern dari segi alat bantu belajar yang berupa media digital.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Literasi, Minat Baca, Al-Qur’an Hadist
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.2 Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faris Muhana Hidayat
Date Deposited: 28 Aug 2025 04:25
Last Modified: 28 Aug 2025 04:25
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/590

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year