Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Kerjo Tahun Ajaran 2024/2025

Saputro, Imron (2025) Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Kerjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (615kB)
[thumbnail of Daftar Pusaka.pdf] Text
Daftar Pusaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa kelas 7 SMP Muhammadiyah 5 Kerjo tahun 2024/2025 ketika dirumah. 2) Untuk mengetahui seberapa besar minat belajar siswa kelas 7 SMP Muhammadiyah 5 Kerjo tahun 2024/2025 pada mata pelajaran PAI. 3)Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga terhadap tingkat minat belajar siswa kelas 7 SMP Muhammadiyah 5 Kerjo tahun 2024/2025 pada mata pelajaran PAI.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan siswa kelas VII sebanyak 56 siswa yang sekaligus dijadikan sebagai sampel dengan Teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat pengaruh tingkat perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa sebesar 75,00% kategori sedang. 2) Tingkat minat belajar siswa kelas 7 SMP Muhammadiyah 5 Kerjo memiliki pada kategori sedang sebesar 55,3%. 3) Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung 6,515 > t tabel 1,993 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,440 menunjukkan bahwa 44,0% variasi minat belajar siswa dipengaruhi oleh pengaruh lingkungan keluarga, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Minat Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imron Wahyu Saputro
Date Deposited: 28 Aug 2025 04:08
Last Modified: 28 Aug 2025 04:08
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/592

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year