Pengaruh Bimbingan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Jumairoh, Siti (2025) Pengaruh Bimbingan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN COVER.pdf] Text
HALAMAN COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran orang tua dalam mendukung keberhasilan belajar anak. Orang tua merupakan pendidik pertama yang seharusnya memberikan bimbingan dan perhatian terhadap proses belajar anak di rumah. Namun, kenyataannya masih banyak orang tua yang kurang terlibat, sehingga sebagian siswa mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran sehingga hasil belajar kurang maksimal, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini terdapat dua variabel yaitu bimbingan orang tua sebagai variabel X dan hasil belajar sebagai variabel Y. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Islam 1 Surakarta yang berjumlah 89 siswa. Metode penentuan sampel menggunakan metode sampel jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel yang digunakan adalah seluruh populasi dikarenakan jumlah populasi kurang dari 100 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan angket dan nilai UAS dengan teknik pengolahan data menggunakan bantuan program SPSS versi 30.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengaruh bimbingan orang tua dengan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam 1 Surakarta. Mayoritas kelas XI di SMA Islam 1 Surakarta berada pada kategori sedang dalam hal bimbingan orang tua maupun hasil belajar. Data menunjukkan bahwa 50,56% siswa memperoleh bimbingan orang tua dalam kategori sedang dan 38,20% siswa memiliki nilai hasil belajar dengan kategori sedang. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikan 0,016 dengan koefisien korelasi 0,255, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orang Tua, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nok Jumairoh
Date Deposited: 08 Sep 2025 01:59
Last Modified: 08 Sep 2025 01:59
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year