Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025

Fajri, Hanafi Nur (2025) Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 8 Boyolali, 2) tingkat ketuntasan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak, 3) seberapa besar pengaruh penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap ketuntasan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri 8 Boyolali tahun ajaran 2024/2025.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 8 Boyolali Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 130 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan rumus Slovin dan menghasilkan 57 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis dengan korelasi Pearson Product Moment, uji regresi linear sederhana, dan koefisien determinasi (R²).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan Kurikulum Merdeka Belajar berada pada kategori tinggi, dengan nilai mean sebesar 66,88; 2) tingkat ketuntasan hasil belajar siswa berada pada kategori rendah dengan nilai mean sebesar 89,11; 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap ketuntasan hasil belajar, dengan nilai signifikansi (Sig.) 0,002 < 0,05 dan koefisien determinasi sebesar 16,7%, sedangkan 83,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka Belajar; Hasil Belajar; Akidah Akhlak
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanafi Nur Fajri
Date Deposited: 12 Sep 2025 02:21
Last Modified: 12 Sep 2025 02:21
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year