Pengaruh Media Pembelajaran Konvensional terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kulliyatul Muallimin Al-islamiyah (KMI) Jajar Islamic Center Tahun 2024- 2025

Rahmadanti, Laily Nur (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Konvensional terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kulliyatul Muallimin Al-islamiyah (KMI) Jajar Islamic Center Tahun 2024- 2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of halaman depan.pdf] Text
halaman depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran konvensional, mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, serta menganalisis pengaruh media pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa di Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah (KMI) Jajar Islamic Center tahun ajaran 2024–2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, dokumentasi, dan analisis regresi linear sederhana menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil angket yang diperoleh dari 45 responden menunjukkan bahwa persentase 46,67% siswa menilai penggunaan media pembelajaran konvensional berada dalam kategori “baik”. Sementara itu, pada hasil belajar siswa menunjukkan bahwa persentase 62,23% memperoleh nilai pada rentang 80–89, yang mencerminkan pencapaian akademik yang tinggi secara umum.
Pada hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,057 (> 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa pencapaian akademik siswa kemungkinan lebih dipengaruhi oleh faktor lain di luar media pembelajaran yang digunakan.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.072 Riset Penelitian Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laily Nur Rahmadanti
Date Deposited: 17 Sep 2025 01:36
Last Modified: 17 Sep 2025 01:36
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/640

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year