Rahmadanti, Laily Nur (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Konvensional terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kulliyatul Muallimin Al-islamiyah (KMI) Jajar Islamic Center Tahun 2024- 2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.
![[thumbnail of halaman depan.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (739kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB 1.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf
Download (446kB)
![[thumbnail of BAB 2.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (453kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB 3.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf
Download (465kB)
![[thumbnail of BAB 4.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (575kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB 5.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5.pdf
Download (227kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (263kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (558kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran konvensional, mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, serta menganalisis pengaruh media pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa di Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah (KMI) Jajar Islamic Center tahun ajaran 2024–2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, dokumentasi, dan analisis regresi linear sederhana menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil angket yang diperoleh dari 45 responden menunjukkan bahwa persentase 46,67% siswa menilai penggunaan media pembelajaran konvensional berada dalam kategori “baik”. Sementara itu, pada hasil belajar siswa menunjukkan bahwa persentase 62,23% memperoleh nilai pada rentang 80–89, yang mencerminkan pencapaian akademik yang tinggi secara umum.
Pada hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,057 (> 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa pencapaian akademik siswa kemungkinan lebih dipengaruhi oleh faktor lain di luar media pembelajaran yang digunakan.
Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar |
Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.072 Riset Penelitian Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Laily Nur Rahmadanti |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 01:36 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 01:36 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/640 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year