Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Grogol Tahun Ajaran 2024/2025

Aditya, Ahmad (2025) Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Grogol Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Problematika utama pendidikan pada hari ini adalah banyak siswa yang hanya memahami pelajaran Akidah Akhlak, tetapi untuk penerapannya dalam kehidupan sehari-hari masih kurang. Mata pelajaran Akidah Akhlak di sekolah hanya dipandang melalui aspek kognitif (pengetahuan) tidak memandang siswa dalam dunia nyata sehingga belajar Akidah Akhlak hanya sebatas menghafal dan mencatat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa, sehingga bisa memberikan gambaran yang jelas tentang efektifitas pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di MTs Muhammadiyah Grogol dengan sampel berjumlah 31
siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis data regresi sederhana dengan melakukan uji normalitas dan uji linieritas, kemudian dilakukan uji t untuk menguji signifikansi pengaruh variabel independent terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa α = 0,05 dan df =29, nilai t-tabel dari distribusi t adalah 2.045. Sebagaimana output dari olah data SPSS t-hitung =3.697 dan t-tabel = 2.045. Karena t-hitung (3.697) > t-tabel (2.045), maka Ho ditolak dan
Ha diterima. nilai Sig. (p-value) pada tabel output SPSS adalah < 0,001, yang jauh lebih kecil dari α = 0,05. Karena p-value < α (0,001<0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh penerapan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII di MTs Muhammadiyah Grogol.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Contextual, Hasil Belajar, Aqidah Akhlak
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.3 Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Aditya
Date Deposited: 23 Apr 2025 08:35
Last Modified: 23 Apr 2025 08:35
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year