Pengaruh Kualitas Sarana Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP El Dzikr Islamic Boarding School Bulu Tahun Ajaran 2024/2025

Nurwahyudha, Ilham (2025) Pengaruh Kualitas Sarana Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP El Dzikr Islamic Boarding School Bulu Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan studi ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh kualitas sarana prasarana sekolah terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP El Dzikr Islamic Boarding School Bulu tahun ajaran 2024/2025
Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan desain survei korelasional. Studi dilaksanakan di SMP El Dzikr Islamic Boarding School Bulu Sukoharjo, melibatkan sampel 30 siswa kelas 9. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang telah melewati uji validitas dan reliabilitas, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil pengujian instrumen pada variabel kualitas sarana prasarana dan minat belajar Pendidikan Agama Islam. Metode analisis data yang digunakan mencakup statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, korelasi Product Moment, serta regresi linear sederhana guna mengidentifikasi hubungan dan pengaruh antara kedua variabel yang diselidiki.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa 70% siswa menganggap kualitas sarana dan prasarana di SMP El Dzikr Islamic Boarding School sudah memadai, mengindikasikan kelengkapan fasilitas sekolah. Sementara itu, minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa berada pada tingkat "cukup," juga mencapai 70% dari total sampel. Berdasarkan pengujian hipotesis dan persentase hubungan, pengaruh kualitas sarana prasarana terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam tercermin pada nilai R Square sebesar 11,3%. Ini mengisyaratkan tidak adanya dampak signifikan dari kualitas sarana prasarana terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP El Dzikr Islamic Boarding School.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Sarana, Prasarana, Minat, Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ilham Nurwahyudha
Date Deposited: 25 Sep 2025 00:46
Last Modified: 25 Sep 2025 00:46
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/664

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year