Ilias, Muhamad (2025) Perbandingan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al Qur'an dan Hadist pada Siswa Program Khusus dengan Reguler Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
![[thumbnail of halaman depan.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (562kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (348kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (404kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (324kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (465kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (204kB)
![[thumbnail of Daftar pustakaan.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar pustakaan.pdf
Download (250kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif komparatif dengan pendekatan ex-post facto. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa reguler dan 30 siswa program khusus kelas VIII. Data hasil belajar diperoleh dari nilai rapor mata pelajaran Al-Qur'an Hadits. Sebelum melakukan uji hipotesis, dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas varians. Uji normalitas data menggunakan uji Lilliefors, sedangkan uji homogenitas varians menggunakan uji F. Setelah prasyarat terpenuhi, data dianalisis menggunakan uji-t (t-test) untuk menguji hipotesis penelitian.
Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Rerata nilai siswa program khusus (83.9) secara statistik lebih tinggi daripada rerata nilai siswa reguler (78.43). Uji normalitas menunjukkan bahwa data kedua kelompok berdistribusi normal (Lhitung<Ltabel), sementara uji homogenitas varians juga menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki varians yang homogen (Fhitung<Ftabel). Uji-t membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (thitung=3.488>ttabel=2.001), yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa program Tahfidzul Qur'an terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Al-Qur'an Hadits siswa.
Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Program Khusus, Siswa Reguler, Al-Qur'an Hadits. |
Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhamad Ilias |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 06:30 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 06:30 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/689 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year