Perbandingan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al Qur'an dan Hadist pada Siswa Program Khusus dengan Reguler Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025

Ilias, Muhamad (2025) Perbandingan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al Qur'an dan Hadist pada Siswa Program Khusus dengan Reguler Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of halaman depan.pdf] Text
halaman depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of Daftar pustakaan.pdf] Text
Daftar pustakaan.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif komparatif dengan pendekatan ex-post facto. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa reguler dan 30 siswa program khusus kelas VIII. Data hasil belajar diperoleh dari nilai rapor mata pelajaran Al-Qur'an Hadits. Sebelum melakukan uji hipotesis, dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas varians. Uji normalitas data menggunakan uji Lilliefors, sedangkan uji homogenitas varians menggunakan uji F. Setelah prasyarat terpenuhi, data dianalisis menggunakan uji-t (t-test) untuk menguji hipotesis penelitian.
Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Rerata nilai siswa program khusus (83.9) secara statistik lebih tinggi daripada rerata nilai siswa reguler (78.43). Uji normalitas menunjukkan bahwa data kedua kelompok berdistribusi normal (Lhitung<Ltabel), sementara uji homogenitas varians juga menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki varians yang homogen (Fhitung<Ftabel). Uji-t membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (thitung=3.488>ttabel=2.001), yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa program Tahfidzul Qur'an terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Al-Qur'an Hadits siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Program Khusus, Siswa Reguler, Al-Qur'an Hadits.
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Ilias
Date Deposited: 30 Sep 2025 06:30
Last Modified: 30 Sep 2025 06:30
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year