Tantu, Rosman (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Fiqih Kelas XI di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Gemolong Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
![[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (645kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (302kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (268kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB III..pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III..pdf
Download (244kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (263kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (206kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka berbasis projek dan bentuk projek dalam pembelajaran Fiqih kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Gemolong
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif – lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru fiqih sedangkan informannyakepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru fiqih dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya diolah menggunakan kriteria kredibilitas dengan teknik triangulasi, adapun triangulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kurikulum merdeka di SMA Muhammadiyah 2 Gemolong diterapkan melalui tahapan inhousetraining, perancangan alur tujuan pembelajaran dan modul ajar.Sedangkan bentuk projek dalam pembelajaran fiqih diantaranya yaitu pelatihan penulisan teks khutbah jum’at, praktek shalat berjamaah, praktek shalat jenazah, pembagian takjil di bulan ramadhan, dan pelatihan mengajar TPA/TPQ.
Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kurikulum Merdeka, Kurikulum Merdeka Berbasis Proyek |
Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rosman Tantu |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 02:28 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 02:28 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/710 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year