Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 6 Sidoharjo Sragen Tahun Ajaran 2024/2025

Mubarok, Muhamad Royan Fatkhul (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 6 Sidoharjo Sragen Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII di MTs Emas Sragen, mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII di MTs Emas Sragen dan mengetahui upaya yang telah dilakukan oleh pihak sekolah dalam mengatasi kendala dalam implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII di MTs Emas Sragen.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif – lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Bahasa Arab sedangkan informannya 5 Siswi Kelas VIII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya diolah menggunakan kriteria kredibilitas dengan teknik triangulasi, adapun triangulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini diantaranya yaitu sebagai berikut: 1). Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII Di MTs Emas Sragen yaitu terdiri atas 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanan dan evaluasi. 2). Faktor penghambat implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran Bahasa Arab yaitu hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan internal yaitu kurangnya motivasi siswa mengikuti pembelajaran Bahasa Arab, sedangkan hambatan eksternal yaitu masih ada beberapa siswa yang belum lancar membaca Bahasa Arab dan kurang kondusifnya pembelajaran dikarenakan masih ada siswa yang ramai saat proses pembelajaran. 3). Upaya mengatasi faktor penghambat implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTs Emas Sragen diantaranya terdiri atas 2, yaitu upaya dari pihak sekolah dan upaya dari Guru pengampu mata pelajaran Bahasa Arab. Upaya dari pihak sekolah yaitu dengan pemberian pembiasaan membaca Iqra dan Al-Qur’an sedangkan upaya dari Guru pengampu mata pelajaran Bahasa Arab yaitu

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum Merdeka, Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.072 Riset Penelitian Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Royan Fatkhul Mubarok
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:43
Last Modified: 06 Oct 2025 02:48
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/714

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year