Penerapan Pendekatan Konstruktivis Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas IX Sekolah Menengah Pertama IT Ar-Risalah Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025

Abdussattar, Muhammad Asyraf (2025) Penerapan Pendekatan Konstruktivis Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas IX Sekolah Menengah Pertama IT Ar-Risalah Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf] Text
COVER SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAK1 SKRIPSI.pdf] Text
DAFTAR PUSTAK1 SKRIPSI.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of Lampiran Skripsi.pdf] Text
Lampiran Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan konstruktivis sosial dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IX di Sekolah Menengah Pertama IT Ar-Risalah Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025. Pendekatan konstruktivis sosial menekankan pembelajaran yang bersifat kolaboratif dan interaktif, di mana pengetahuan dibangun bersama melalui interaksi sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivis sosial, terutama melalui teknik scaffolding dan tutoring, mampu meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan. Proses pembelajaran yang melibatkan diskusi kelompok heterogen serta peran guru sebagai fasilitator menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan menyenangkan. Faktor pendukung keberhasilan penerapan pendekatan ini meliputi kompetensi dan motivasi kepala sekolah, profesionalisme guru, serta sarana dan prasarana yang memadai. Kendala yang ditemukan antara lain perbedaan kemampuan siswa dan keterbatasan waktu pembelajaran. Secara keseluruhan, pendekatan konstruktivis sosial terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Konstruktivis Sosial, Motivasi Belajar, Al-Qur’an Hadits
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Asyraf Abdussattar
Date Deposited: 06 Oct 2025 09:05
Last Modified: 06 Oct 2025 09:05
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/718

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year