Abdussattar, Muhammad Asyraf (2025) Penerapan Pendekatan Konstruktivis Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas IX Sekolah Menengah Pertama IT Ar-Risalah Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.
![[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (921kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (219kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (539kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (172kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (573kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (227kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAK1 SKRIPSI.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAK1 SKRIPSI.pdf
Download (273kB)
![[thumbnail of Lampiran Skripsi.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan konstruktivis sosial dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IX di Sekolah Menengah Pertama IT Ar-Risalah Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025. Pendekatan konstruktivis sosial menekankan pembelajaran yang bersifat kolaboratif dan interaktif, di mana pengetahuan dibangun bersama melalui interaksi sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivis sosial, terutama melalui teknik scaffolding dan tutoring, mampu meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan. Proses pembelajaran yang melibatkan diskusi kelompok heterogen serta peran guru sebagai fasilitator menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan menyenangkan. Faktor pendukung keberhasilan penerapan pendekatan ini meliputi kompetensi dan motivasi kepala sekolah, profesionalisme guru, serta sarana dan prasarana yang memadai. Kendala yang ditemukan antara lain perbedaan kemampuan siswa dan keterbatasan waktu pembelajaran. Secara keseluruhan, pendekatan konstruktivis sosial terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.
Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Konstruktivis Sosial, Motivasi Belajar, Al-Qur’an Hadits |
Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Asyraf Abdussattar |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 09:05 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 09:05 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/718 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year