Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika pada Pembelajaran Bangun Datar Siswa Kelas II MI Muhammadiyah Trangsan Tahun Ajaran 2024/2025

Hasanah, Miftakhul (2025) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika pada Pembelajaran Bangun Datar Siswa Kelas II MI Muhammadiyah Trangsan Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mambaul Ulum.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN..pdf] Text
HALAMAN DEPAN..pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun datar siswa kelas II MI Muhammadiyah Trangsan. Model ini dipilih karena mampu mendorong keterlibatan aktif siswa melalui aktivitas mencocokkan kartu yang melibatkan unsur visual, gerak, dan interaksi sosial, sehingga diharapkan dapat membantu siswa memahami konsep bangun datar yang sering dianggap sulit.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment tipe posttest-only control group design. Subjek penelitian terdiri dari tiga kelas, yaitu kelas 2A dan 2B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, serta kelas 2C sebagai kelas eksperimen dengan model Index Card Match. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar (posttest) dan dianalisis menggunakan uji-t (independent sample t-test).
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi 0,021 < 0,05. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (2C) sebesar 92,5 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol (2A dan 2B) memperoleh rata-rata 68,8 dan 63,18 (kategori sedang). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Index Card Match efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun datar, serta dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang aktif, menarik, dan aplikatif di jenjang Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Index Card Match, Hasil Belajar, Matematika, Bangun Datar, Kelas Eksperimen, Kelas Kontrol
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 372 Pendidikan Dasar > 372.7 Matematika untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miftakhul Hasanah
Date Deposited: 31 Oct 2025 02:29
Last Modified: 31 Oct 2025 02:29
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/758

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year