Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VII A di SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Suryani, Iftitah Amin (2025) Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VII A di SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Tesis, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka siswa kelas VII A di SMP Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2024/2025 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII A di SMP Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2024/2025
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 30 orang. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode angket sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik statistik deskriptif diolah dengan bantuan SPSS for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan kurikulum merdeka di SMP Negeri 6 Surakarta menunjukkan hasil yang positif dengan pembelajaran yang lebih fleksibel, berpusat pada siswa, dan berbasis praktik nyata. Sekolah dan guru mampu menyesuaikan pembelajaran sesuai kebutuhan siswa dan mengembangkan metode yang kreatif dan relevan. Penerapan kurikulum merdeka dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam berhasil mengintegrasikan nilai-nilai moral dan sosial ke dalam pembelajaran melalui pendekatan praktik dan proyek nyata. Kurikulum ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, tetapi juga membentuk karakter yang sesuai dengan profil pelajar pancasila, seperti toleransi dan gotong royong. Dengan demikian, kurikulum merdeka berkontribusi pada pembentukan peserta didik yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga berkarakter kuat. 2) Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa tingkat kurikulum merdeka pada siswa kelas VII A SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025, yang jumlahnya 30 responden menunjukkan kategori sedang dengan rata-rata 76,7% masuk pada interval 82 sampai dengan 88.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 375 Kurikulum
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iftitah Amin Suryani
Date Deposited: 16 Oct 2025 01:56
Last Modified: 16 Oct 2025 01:56
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year