Pengaruh Pemanfaatan YouTube terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 5 di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Madina Colomadu Tahun Ajaran 2024/2025

Rosyida, Aulia (2025) Pengaruh Pemanfaatan YouTube terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 5 di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Madina Colomadu Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan YouTube terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Kelas 5 di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Madina Colomadu Tahun Ajaran 2024/2025. Pemanfaatan YouTube dinilai sebagai salah satu faktor yang dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 5 di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Madina.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 43. Teknik pengumpulan data dengan menyebar angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis mengetahui validitas dengan menggunakan rumus Aikens V, uji normalitas menggunakan Lilliefors,uji linearitas dengan membandingkan Sig Deviation Linearity, dan uji hipotesis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Semua uji tersebut dibantu menggunakan aplikasi SPSS versi 30 dan Excel 2019.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya pemanfaatan YouTube berkategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 39,44 dan hasil belajar siswa mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 72,93. Hasil perhitungan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independen dan variabel dependen dengan nilai signifikasi sebesar 0,002 < 0,05 dan koefisien determinasi (R Square) yang dihasilkan dari kedua variabel tersebut yaitu 20,4%.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan YouTube, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 372 Pendidikan Dasar > 372.3 Ilmu Pengetahuan untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aulia Rosyida
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:08
Last Modified: 28 Oct 2025 03:08
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year