Analisis Gaya Komunikasi Norton dalam Konten Review Skincare pada Akun Tiktok @dokterdetektif

Linawati, Sofiyah Afganis (2025) Analisis Gaya Komunikasi Norton dalam Konten Review Skincare pada Akun Tiktok @dokterdetektif. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis konten, karena dianggap tepat untuk memahami fenomena komunikasi digital secara mendalam. Fokus penelitian adalah gaya komunikasi dalam konten review skincare di akun TikTok @dokterdetektif. Data diperoleh dari observasi 10 video unggahan periode September 2024 hingga Mei 2025 yang dipilih berdasarkan jumlah viewers tertinggi, kemudian ditranskripsi dan dianalisis secara sistematis. Keabsahan data dijamin dengan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) @dokterdetektif menerapkan kesepuluh gaya komunikasi menurut teori Robert W. Norton; (2) tiga gaya yang paling dominan adalah Precise Style (tepat), Friendly Style (bersahabat), dan Dominant Style (dominan) yang secara konsisten muncul dalam setiap konten; (3) konten juga merepresentasikan nilai-nilai keislaman amar ma’ruf nahi munkar, yaitu dengan mendorong masyarakat memilih produk yang aman serta mengkritisi produk yang mengandung bahan berbahaya dan klaim berlebihan. Dengan demikian, konten edukasi skincare di TikTok dapat menjadi media dakwah digital yang komunikatif, kritis, dan bernilai islami.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Gaya Komunikasi, Norton, TikTok, Dakwah Digital
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarindividu, Hubungan Antarmanusia, Hubungan Antarpersonal, Psikologi Sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Sofiyah Afganis Linawati
Date Deposited: 20 Oct 2025 02:06
Last Modified: 20 Oct 2025 02:06
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year