Muslim, Muhammad (2025) Pengaruh Pola Interaksi Edukatif Guru Agama terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 07 Klego Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (734kB) | Request a copy
BAB 1.pdf
Download (205kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (460kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Download (418kB)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (276kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (92kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (144kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (860kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui tingkat pola interaksi edukatif guru agama di MTs Muhammadiyah 07 Klego Boyolali tahun ajaran 2024/2025, 2) Mengetahui tingkat prestasi belajar siswa kelas IX di MTs Muhammadiyah 07 Klego tahun ajaran 2024/2025, 3) Mengetahui seberapa besar pengaruh pola interaksi edukatif guru agama terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas IX di MTs Muhammadiyah 07 Klego tahun ajaran 2024/2025. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 07 Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Kelas IX di MTs Muhammadiyah 07 Klego Boyolali secara keseluruhan berjumlah 64 siswa.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh, yaitu sensus, di mana semua anggota populasi dijadikan sampel maka
penelitian ini permasuk penelitian populasi, yang mana semua populasi dijadikan sempel, sehingga sempel berjumlah 64 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan
angket dengan diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Untuk menguji
keabsahan data dilakukan melalui uji normalitas, uji linieritas, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan menggunakan uji parsial (uji t) dan koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tingkat pola interaksi edukatif guru agama berada pada kategori sedang yang dibuktikan dengan adanya 38 siswa dari 64 sampel yang menunjukkan persentase terbesar yaitu 59.4%. 2) Tingkat prestasi belajar siswa berada pada kategori sedang, dari 64 sampel yang ada, 30 siswa menunjukkan persentase 46.9%. 3) Besarnya pengaruh pola interaksi edukatif guru agama terhadap prestasi belajar siswa diketahui dengan hasil perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 64.3% dan sisa variabel lain yang tidak diteliti sebesar 35.7%.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pola Interaksi Edukatif Guru Agama, Prestasi Belajar Siswa |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Muhammad Muslim |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 02:58 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 02:58 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/792 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

