Penerapan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Tarikh Kelas XI di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2024/2025

Kulrsum, Ummi (2025) Penerapan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Tarikh Kelas XI di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Tarikh kelas X1 Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2024/2025; (2) menganalisis dampak penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tarikh di kelas X1; serta (3) mengidentifikasi jenis media pembelajaran interaktif yang digunakan dalam pembelajaran Tarikh di kelas X1 Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dengan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan metode analisis Sugiyono melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data melalui uji kredibilitas data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data. Informan dalam penelitian ini berjumlah 2 orang.
Penerapan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Tarikh kelas X1 Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Simo dilakukan melalui tahapan perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, evaluasi, dan perbaikan. Penggunaan media ini terbukti meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa terhadap materi. Media interaktif yang digunakan meliputi: short movie, presentasi digital, animasi, dan audio pendukung yang secara efektif memudahkan siswa memahami konsep sejarah Islam secara menarik dan menyenangkan.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Mata Pelajaran Tarikh
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ummi Kultsum
Date Deposited: 31 Oct 2025 03:36
Last Modified: 31 Oct 2025 03:36
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/805

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year