Harmayati, Harmayati (2025) Pengaruh Motivasi Orang Tua dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada SMA Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
COVER.pdf
Restricted to Registered users only
Download (428kB)
BAB I.pdf
Download (250kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (293kB)
BAB III.pdf
Download (190kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (378kB)
BAB V.pdf
Download (79kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (147kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (974kB)
Abstract
Pendidikan merupakan proses sepanjang hayat yang berperan penting dalam membentuk manusia yang bertanggung jawab serta mampu mengaplikasikan ilmu dalam kehidupan nyata. Keberhasilan belajar siswa tidak hanya ditentukan oleh proses pembelajaran di sekolah, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti motivasi orang tua dan lingkungan belajar. Realita di SMA Islam 1 Surakarta menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang kurang memperoleh perhatian orang tua, menghadapi lingkungan belajar yang kurang mendukung, serta kondisi sosial yang tidak selalu kondusif. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini merumuskan tiga permasalahan utama: (1) Apakah ada pengaruh motivasi orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas X di SMA Islam 1 Surakarta (2) Apakah ada pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas X di SMA Islam 1 Surakarta (3) Apakah ada pengaruh motivasi orang tua dan lingkungan belajar secara simultan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas X di SMA Islam 1 Surakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi orang tua dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMA Islam 1 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik total sampling, sehingga seluruh populasi siswa kelas X yang berjumlah 58 orang dijadikan sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji homogenitas, serta uji asumsi klasik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung -2,490 dan signifikansi 0,016 < 0,05. (2) Lingkungan belajar juga berpengaruh signifikan dengan nilai thitung -3.897 dan signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Secara simultan, motivasi orang tua dan lingkungan belajar memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, ditunjukkan dengan nilai Fhitung 18,106 pada signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keberhasilan belajar siswa merupakan hasil dari sinergi antara dukungan orang tua dan lingkungan belajar yang kondusif.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Motivasi Orang Tua, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Harmayati Harmayati |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 02:22 |
| Last Modified: | 31 Oct 2025 02:22 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/812 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

