Pengaruh Motivasi Orang Tua dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada SMA Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Harmayati, Harmayati (2025) Pengaruh Motivasi Orang Tua dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada SMA Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)

Abstract

Pendidikan merupakan proses sepanjang hayat yang berperan penting dalam membentuk manusia yang bertanggung jawab serta mampu mengaplikasikan ilmu dalam kehidupan nyata. Keberhasilan belajar siswa tidak hanya ditentukan oleh proses pembelajaran di sekolah, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti motivasi orang tua dan lingkungan belajar. Realita di SMA Islam 1 Surakarta menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang kurang memperoleh perhatian orang tua, menghadapi lingkungan belajar yang kurang mendukung, serta kondisi sosial yang tidak selalu kondusif. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini merumuskan tiga permasalahan utama: (1) Apakah ada pengaruh motivasi orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas X di SMA Islam 1 Surakarta (2) Apakah ada pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas X di SMA Islam 1 Surakarta (3) Apakah ada pengaruh motivasi orang tua dan lingkungan belajar secara simultan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas X di SMA Islam 1 Surakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi orang tua dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMA Islam 1 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik total sampling, sehingga seluruh populasi siswa kelas X yang berjumlah 58 orang dijadikan sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji homogenitas, serta uji asumsi klasik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung -2,490 dan signifikansi 0,016 < 0,05. (2) Lingkungan belajar juga berpengaruh signifikan dengan nilai thitung -3.897 dan signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Secara simultan, motivasi orang tua dan lingkungan belajar memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, ditunjukkan dengan nilai Fhitung 18,106 pada signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keberhasilan belajar siswa merupakan hasil dari sinergi antara dukungan orang tua dan lingkungan belajar yang kondusif.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Motivasi Orang Tua, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harmayati Harmayati
Date Deposited: 31 Oct 2025 02:22
Last Modified: 31 Oct 2025 02:22
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/812

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year