Abdulloh, Ahmad (2025) Motivasi Guru dalam Menanamkan Kedisiplinan Sholat Dzuhur Berjamaah Kelas X Creative I Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 Andong Boyolali Tahun Pelajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (553kB)
BAB I.pdf
Download (236kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (259kB)
BAB III.pdf
Download (239kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (156kB)
BAB V.pdf
Download (136kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (154kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Motivasi Guru dalam menanamkan kesiplinan sholat dzuhur berjamaah pada peserta didik Kelas X Creative I Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Andong 2025/2026, mengetahui hambatan Guru dalam menanamkan kedisiplinan sholat dzuhur berjamaah pada peserta didik Kelas X Creative I Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Andong 2025/2026 dan mengetahui cara mengatasi hambatan dalam menanamkan kedisiplinan sholat dzuhur berjamaah pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Andong 2025/2026
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif – lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam sedangkan informannya kepala Sekolah dan Siswa Kelas X. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya diolah menggunakan kriteria kredibilitas dengan teknik triangulasi, adapun triangulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini diantaranya yaitu sebagai berikut: 1). Motivasi atau cara Guru dalam menanamkan kesiplinan sholat dzuhur berjamaah pada siswa Kelas X Creative I Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Andong yaitu memberikan pemahaman akan sholat sebagai kewajiban, mengajak dan keliling sekolah untuk memantau dan mengarahkan siswa agar melaksanakan sholat dzuhur berjamaah. 2). Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan kedisiplinan sholat dzuhur berjamaah pada peserta didik Kelas X Creative I Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Andong yaitu siswa sulit diarahkan dan tidak mendengarkan Guru dan kurangnya kesadaran siswa dan Cara Guru mengatasi hambatan dalam menanamkan kedisiplinan dalam sholat dzuhur berjamaah pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Andong yaitu melaksanakan program Al-Islam (Mentoring) dalam hal membina, mengawasi, dan memotivasi siswa serta menjadi teladan Guru ikut melaksanakan sholat berjamaah.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Kedisiplinan, Sholat Berjamaah. |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam > 2X4.121 Shalat Wajib |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ahmad Abdulloh |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 04:39 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 04:39 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/837 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

