Supriyanto, Supriyanto (2024) Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sebelum dan Sesudah Penerapan Metode Active Learning di SMPIT Tahfidzul Qur’an Ulil Albab Karanganyar Tahun 2023. Skripsi, Institut Islam Mamba`ul `Ulum Surakarta.
SUPRIYANTO_2280022271_HALAMAN DEPAN - Supriyanto.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
SUPRIYANTO_2280022271_BAB1 - Supriyanto.pdf
Download (350kB)
SUPRIYANTO_2280022271_BAB2 - Supriyanto.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (305kB)
SUPRIYANTO_2280022271_BAB3 - Supriyanto.pdf
Download (344kB)
SUPRIYANTO_2280022271_BAB4 - Supriyanto.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (300kB)
SUPRIYANTO_2280022271_BAB5 - Supriyanto.pdf
Download (171kB)
SUPRIYANTO_2280022271_DAFTAR PUSTAKA - Supriyanto.pdf
Download (268kB)
SUPRIYANTO_2280022271_LAMPIRAN - Supriyanto.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan mata pelajaran yang sangat penting bagi siswa. Penggunaan metode yang tepat dapat mempengaruhi hasil belajar. Metode Active Learning menjadi salah satu metode paling tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan utama penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah penerapan metode Active Learning pada hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT Tahfidzul Qur’an Ulil Albab Karanganyar dengan jumlah populasi 35 siswa kelas VIII dan menjadikan 35 siswa sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan uji lanjut Paired Sample t Test. Variabel yang diuji adalah hasil belajar sebelum penerapan metode Active Learning dan sesudah penerapan metode Active Learning.
Hasil penelitian sebelum penerapan metode Active Learning adalah nilai PTS dengan nilai 82,5 masuk kategori cukup juga hasil sesudah penerapan metode Active Learning adalah nilai PSAS dengan nilai 82,5 masuk kategori cukup kemudian uji paired sample t test dengan nilai t hitung 0,5.. Nilai tersebut lebih kecil daripada nilai t tsbel = 2,035. Sehingga tidak ada perbedaan nyata sebelum dan sesudah penerapan metode Active Learning dalam hasil belajar siswa kelas VIII di SMPIT TQ Ulil Albab.
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

