Pengaruh Mentoring Rohani Islam dan Karakter Religius terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2024/2025

Azizah, Sabila Nurul (2025) Pengaruh Mentoring Rohani Islam dan Karakter Religius terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2024/2025. Tesis, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang karakter religius siswa yang salah satunya dipengaruhi oleh kegiatan mentoring rohani islam. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab rumusan masalah yaitu 1) Seberapa besar kegiatan mentoring rohani islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mojolaban; 2) Seberapa besar karakter religius siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mojolaban; 3) Seberapa meningkat hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mojolaban; 4) Adakah pengaruh mentoring rohani islam dan karakter religius terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mojolaban.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaitf deskriptif. Rancangan penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mojolaban. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode angket kepada responden, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis korelasi dengan teknik analisis regresi linier berganda. Untuk menguji keabsahan suatu data, dilakukukan melalui uji asumsi klasik, uji normalitas, uji linieritas, dan uji heterokedastisitas.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) kegiatan mentoring rohani islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mojolaban menunjukkan kategori sedang dengan presentase 66%; 2) kemudian karakter religius di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mojolaban dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 86%; 3) sedangkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mojolaban dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 41%; 4) berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh mentoring rohani islam dan karakter religius terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa di sekolah menengah atas negeri 1 mojolaban, hasil tersebut dapat dibuktikan bahwa pada hasil regresi linier berganda menunjukkan nilai probabilitas F adalah 0,950> 0,05 yang berarti secara simultan kedua variabel bebas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pendidikan agama islam.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Mentoring Rohani Islam, Karakter Religius, dan Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 201 Mitologi Keagamaan, Mitologi Agama > 201.6 Hubungan Agama dengan Disiplin Ilmu Lainnya
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sabila Nurul Azizah
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:28
Last Modified: 06 Nov 2025 03:28
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year