Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Komputer Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Smart Class Program di Sekolah Menengah Pertama SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Hanafi, Salis (2025) Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Komputer Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Smart Class Program di Sekolah Menengah Pertama SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : bagaimana implementasi media pembelajaran berbasis komputer mapel PAI kelas VIII SCP SMP Muhammadiyah 8 Surakarta 2024/2025, serta mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam implementasi media pembelajaran berbasis komputer mapel PAI kelas VIII SCP SMP Muhammadiyah 8 Surakarta 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Subjek dan informan adalah Kepala sekolah, Waka kurikulum, Guru PAI, dan Siswa kelas VIII SCP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Kemudian Teknik analisis data dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi data.
Hasil penelitian dapat kita ketahui bahwa implementasi media pembelajaran berbasis komputer efektif membantu tercapainnya tujuan pembelajaran, terdapat 3 hal yang perlu diperhatikan yakni perencaaan media pembelajaran,proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Penerapan implementasi terdapat kelebihan yaitu memudahkan guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran, memberikan fleksibilitas dalam kegiatan belajar,membatu guru dalam mengevaluasi pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar. Disamping itu tentunya implementasi media pembelajaran komputer tak luput dari kekurangan antara lain akses internet yang terkadang kurang lancar, kurangnya interaksi guru dan siswa, kontrol guru dengan siswa dalam pembelajaran kurang, dan siswa membuka konten diluar materi pembelajaran.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Implementasi Media Pembelajaran, Berbasis Komputer
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 373 Pendidikan Lanjutan, Pendidikan Menengah, Sekolah Lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Salis Hanafi
Date Deposited: 07 Nov 2025 03:58
Last Modified: 07 Nov 2025 03:58
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/853

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year