Muthmainnah, Luthfiatul (2024) Analisis Perbandingan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VII Program Tahfidz dengan Reguler di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba`ul `Ulum Surakarta.
![[thumbnail of Luthfiatul Muthmainnah_2240022482_HALAMAN DEPAN - Luthfiatul Muthmainnah.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Luthfiatul Muthmainnah_2240022482_HALAMAN DEPAN - Luthfiatul Muthmainnah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
![[thumbnail of Luthfiatul Muhtmainnah_2240022482_BAB1 - Luthfiatul Muthmainnah.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Luthfiatul Muhtmainnah_2240022482_BAB1 - Luthfiatul Muthmainnah.pdf
Download (504kB)
![[thumbnail of Luthfiatul Muthmainnah_2240022482_BAB2 - Luthfiatul Muthmainnah.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Luthfiatul Muthmainnah_2240022482_BAB2 - Luthfiatul Muthmainnah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (495kB) | Request a copy
![[thumbnail of Luthfiatul Muthmainnah_2240022482_BAB3 - Luthfiatul Muthmainnah.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Luthfiatul Muthmainnah_2240022482_BAB3 - Luthfiatul Muthmainnah.pdf
Download (475kB)
![[thumbnail of Luthfiatul Muthmainnah_2240022482_BAB4 - Luthfiatul Muthmainnah.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Luthfiatul Muthmainnah_2240022482_BAB4 - Luthfiatul Muthmainnah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (679kB) | Request a copy
![[thumbnail of Luthfiatul Muthmainnah_2240022482_BAB5 - Luthfiatul Muthmainnah.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Luthfiatul Muthmainnah_2240022482_BAB5 - Luthfiatul Muthmainnah.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of Luthfiatul Muthmainnah_2240022482_DAFTAR PUSTAKA - Luthfiatul Muthmainnah.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Luthfiatul Muthmainnah_2240022482_DAFTAR PUSTAKA - Luthfiatul Muthmainnah.pdf
Download (433kB)
![[thumbnail of Luthfiatul Muthmainnah_2240022482_LAMPIRAN - Luthfiatul Muthmainnah.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Luthfiatul Muthmainnah_2240022482_LAMPIRAN - Luthfiatul Muthmainnah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Hasil belajar merupakan pencapaian yang diperoleh siswa setelah melalui proses belajar dan kemampuan yang dimiliki setelah menerima pengalaman belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor internal seperti kecerdasan dan keinginan belajar, serta faktor eksternal seperti alat pembelajaran, ruang kelas yang baik, waktu belajar yang cukup dan pelaksanaan pembelajaran. Khususnya di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta yang memiliki berbagai jenis program kelas, diduga dapat menyebabkan perbedaan hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa program tahfidz di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta kelas VII Tahun Ajaran 2024/2025. (2) Untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa program reguler di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta kelas VII Tahun Ajaran 2024/2025. (3) Untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Pendidikan Agama Islam antara program tahfidz dengan siswa program reguler di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta kelas VII Tahun Ajaran 2024/2025.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif deskriptif. Populasi yang digunakan berjumlah 105 siswa. Jenis sampel yang digunakan yaitu simple random sampling yaitu 32 siswa dengan metode pengumpulan data dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunkan teknik analisis statistik uji hipotesis menggunakan uji Independent sapel t-test.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan : (1) presentase hasil belajar Rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam program tahfidz di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta yaitu 85,93 dibulatkan menjadi 86 dengan prosentase kategori baik 18,75% dengan jumlah siswa 3 orang, kategori cukup 62,5% dengan jumlah 10 siswa dan kategori kurang 18,75% dengan jumlah 3 siswa. (2) Rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam program reguler di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta yaitu 84,62 dibulatkan menjadi 85 dengan prosentase kategori baik 12,5% dengan jumlah siswa 2 orang, kategori cukup 75% dengan jumlah 12 siswa dan kategori kurang 12,5% dengan jumlah 2 siswa. (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII yang mengikuti program tahfidz dan reguler di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Pernyataan ini didasarkan atas perhitungan uji hipotesis yang menyatakan pada taraf 5% H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini dibuktikan dengan uji inpendent t test, diperoleh hasil t hitung 0,761 dan t tabel 2,040 (0,761<2,040
Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Program Tahfidz, Program Reguler |
Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.3 Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Staf Perpus |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 03:00 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 03:00 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/86 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year