Hastuti, Yusi Tri (2025) Implementasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik SMP Negeri 3 Sukoharjo. Tesis, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (443kB)
BAB I.pdf
Download (99kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (209kB)
BAB III.pdf
Download (99kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (185kB)
BAB V.pdf
Download (41kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (81kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pengembangan kurikulum pendidikan agama islam (PAI) dalam membentuk karakter peserta didik SMPN 3 Sukoharjo terkait implementasi dan strategi dalam membentuk karakter religius . Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan design studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pengembangan kurikulum dengan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang intensif (intrakurikuler),kegiatan pembiasaan nilai nilai ajaran islam (kokurikuler) secara kontinu dan keteladanan guru dilingkungan sekolah terbukti memberikan dampak signifikan dalam membentuk karakter religius guna mewujudkan akhlaqul kharimah peserta didik di SMPN 3 Sukoharjo.
Keberhasilan implementasi pengembangan kurikulum dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Negeri 3 Sukoharjo tidak terlepas dari adanya beberapa faktor pendukung utama, yaitu komitmen kepala sekolah, peran aktif guru, lingkungan sekolah yang religius, serta dukungan orang tua di rumah. Sedangkan beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 3 Sukoharjo, khususnya dalam membentuk karakter religius peserta didik antara lain: tidak semua siswa memiliki latar belakang keluarga religius yang mendukung ,terbatasnya pelatihan guru dalam pendekatan pembelajaran berbasis karakter, pengaruh sosial dan media digital dan kurangnya konsistensi sebagian guru dalam menerapkan nilai-nilai religius secara eksplisit di kelas. Untuk mengatasi berbagai hambatan tersebut, SMP Negeri 3 Sukoharjo telah melakukan sejumlah strategi solutif, seperti memperkuat kegiatan parenting, meningkatkan pelatihan guru, dan membangun budaya religius yang terintegrasi di seluruh aspek kegiatan sekolah., program sosialisasi bermedia social islami serta pembinaan secara intensif untuk tenaga pendidik dalam menjaga konsistensi keteladanan.
Kata Kunci : Karakter Religius, Implementasi Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam
| Item Type/Tipe Dokumen: | Tesis |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Karakter Religius, Implementasi Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Yusi Tri Hastuti |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 01:34 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 01:34 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/863 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

