Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pengamalan Akhlakul Karimah Siswa Madrasah Tsanawiyah Tahfizhul Quran Al Fatah Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025

Dhiaulhaq, Mohammad Ilham (2025) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pengamalan Akhlakul Karimah Siswa Madrasah Tsanawiyah Tahfizhul Quran Al Fatah Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mendeskripsikan peran guru PAI dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di MTs Tahfizhul Qur’an Al Fatah Boyolali. 2). Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat peningkatan akhlak siswa. 3). Menjelaskan solusi guru dalam mengatasi hambatan pembinaan akhlak siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian dilaksanakan di MTs Tahfizhul Qur’an Al Fatah dengan subjek guru PAI dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan: 1). Guru PAI berperan sebagai pendidik. pembimbing, motivator dan evaluator dalam pembinaan akhlakul karimah. 2). Faktor pendukung antara lain, motivasi siswa, dedikasi guru, lingkungan religious, interaksi sehat antar siswa serta dukungan fasilitas, sedangkan hambatan meliputi, implikasi negatif penggunaan media sosial, latar belakang keluarga, kurangnya internalisasi nilai akhlak pada diri siswa dan teknologi. 3). Solusi guru dalam mengatasi hambatan pembinaan akhlak siswa mencakup kolaborasi dengan orang tua, pengembangan karakter pendidik, bimbingan secara individual, keteladanan aplikatif dan pengarahan yang penuh empati serta bernilai edukatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan pembinaan akhlakul karimah memerlukan sinergi antar guru, orang tua dan sekolah. Serta disarankan agar koordinasi antar pihak terus ditingkatkan. Saran penelitian ini ditujukan kepada guru untuk meningkatkan pembelajaran yang aplikatif dan menjadi teladan, sekolah untuk memperkuat kolaborasi dengan orang tua dan pembinaan karakter, orang tua untuk aktif membimbing anak di rumah, serta siswa untuk membiasakan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, Akhlakul Karimah, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat, Solusi Guru
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 205 Etika Keagamaan,Etika Agama
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Ilham Dhiaulhaq
Date Deposited: 25 Nov 2025 07:29
Last Modified: 25 Nov 2025 07:29
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/865

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year