Pengaruh Kecerdasan Spiritual Siswa terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Tahfidz Al Ikhlas Mantingan Ngawi Tahun 2024/2025

Aleni, Livio (2025) Pengaruh Kecerdasan Spiritual Siswa terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Tahfidz Al Ikhlas Mantingan Ngawi Tahun 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of halaman depan.pdf] Text
halaman depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual siswa terhadap minat belajar pendidikan agama islam di SMP Tahfidz Al Ikhlas Mantingan Ngawi Tahun 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMP Tahfidz Al Ikhlas. Penelitian ini dilakukan di SMP Tahfidz Al Ikhlas Mantingan Ngawi. Metode pengumpulan data dengan angket. Terdapat dua instrumen pada penelitian ini yaitu pada angket Kecerdasan Spiritual yang disusun berdasarkan indikator (merasakan kehadiran Allah, berdzikir dan berdoa, memiliki kualitas sabar, cenderung pada kebaikan, memiliki empati yang kuat, berjiwa besar, dan memiliki visi). Sedangkan pada angket Minat Belajar disusun berdasarkan indikator (perasaan senang, ketertarikan, perhatian dalam belajar, keterlibatan siswa). Menggunakan Skala Likert yang terdiri dari pernyataan positif dan negatif . Validitas diuji dengan Korelasi Product Moment, hasil uji menunjukan bahwa semua butir angket dinyatakan valid sehingga layak digunakan sebagai alat ukur variabel X dan variabel Y. Reliabilitas diuji menggunakan Cronbach’s Alpha. Hasil Cronbach’s Alpha pada variabel X sebesar 0,821 sedangkan pada variabel Y sebesar 0,737, sehingga disimpulkan bahwa instrumen penelitian termasuk dalam kriteria Reliabel.
Berdasarkan hasil nilai koefisien determinasi (R2) atau R square sebesar 0,408 maka nilai tersebut dikatakan berpengaruh sebesar 40,8%, menghitung interpretasi koefisien korelasi diperoleh nilai korelasi 0,639 dalam kategori kuat, sehingga disimpulkan bahwa kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap minat belajar pendidikan agama islam. Oleh karena itu disarankan untuk instansi untuk meningkatkan kualitas spiritual siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 100 Filsafat, Filosofi > 150 Psikologi, Ilmu Jiwa > 150.1 Filsafat dan Teori Psikologi
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Livio Aleni
Date Deposited: 25 Nov 2025 04:23
Last Modified: 25 Nov 2025 04:23
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year