Alghifari, Fajarullah (2025) Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Sikap Tanggung Jawab Siswa di Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Watukelir Tahun Pelajaran 2024/2025. Tesis, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta..
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (547kB)
BAB I.pdf
Download (90kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (186kB)
BAB III.pdf
Download (75kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (203kB)
BAB V.pdf
Download (44kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (60kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (697kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan sikap tanggung jawab siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Watukelir, serta mengidentifikasi faktor-faktor dan hambatan yang mempengaruhinya.
Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi proses pembelajaran , wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam , serta kuisioner yang diisi oleh siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Watukelir telah berhasil dilakukan dengan efektivitas "Sangat Baik", mencapai nilai akhir 4,6 berdasarkan observasi guru. Rekap penilaian hasil kuesioner siswa juga menunjukkan persentase "Setuju" mencapai 90.8% dengan kriteria "Sangat Baik". Ini dicapai melalui beberapa strategi, di antaranya: (1) Memberikan tugas yang terstruktur dan jelas, (2) Menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, (3) Menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, (4) Menjadi teladan yang baik, (5) Mengintegrasikan nilai-nilai tanggung jawab dalam materi pembelajaran, dan (6) Melakukan refleksi dan evaluasi. Peran aktif guru dalam membimbing dan memfasilitasi pembelajaran melalui strategi tersebut memengaruhi sikap tanggung jawab siswa meliputi kesadaran diri dan motivasi belajar.
Dengan demikian, peran guru terbukti sangat signifikan dalam menanamkan dan mengembangkan sikap tanggung jawab siswa. Guru tidak hanya berperan sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pendidik dan pembimbing yang mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan. Melalui pendekatan yang humanis dan personal, guru mampu membangun hubungan yang baik dengan siswa dan memotivasi mereka untuk bertanggung jawab dalam belajar. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter, khususnya sikap tanggung jawab.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Tesis |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Sikap Tanggung Jawab, Nilai-Nilai Karakter |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Fajarullah Alghifari |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 02:19 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 02:19 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/918 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

