Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Sikap Tanggung Jawab Siswa di Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Watukelir Tahun Pelajaran 2024/2025

Alghifari, Fajarullah (2025) Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Sikap Tanggung Jawab Siswa di Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Watukelir Tahun Pelajaran 2024/2025. Tesis, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta..

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan sikap tanggung jawab siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Watukelir, serta mengidentifikasi faktor-faktor dan hambatan yang mempengaruhinya.
Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi proses pembelajaran , wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam , serta kuisioner yang diisi oleh siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Watukelir telah berhasil dilakukan dengan efektivitas "Sangat Baik", mencapai nilai akhir 4,6 berdasarkan observasi guru. Rekap penilaian hasil kuesioner siswa juga menunjukkan persentase "Setuju" mencapai 90.8% dengan kriteria "Sangat Baik". Ini dicapai melalui beberapa strategi, di antaranya: (1) Memberikan tugas yang terstruktur dan jelas, (2) Menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, (3) Menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, (4) Menjadi teladan yang baik, (5) Mengintegrasikan nilai-nilai tanggung jawab dalam materi pembelajaran, dan (6) Melakukan refleksi dan evaluasi. Peran aktif guru dalam membimbing dan memfasilitasi pembelajaran melalui strategi tersebut memengaruhi sikap tanggung jawab siswa meliputi kesadaran diri dan motivasi belajar.
Dengan demikian, peran guru terbukti sangat signifikan dalam menanamkan dan mengembangkan sikap tanggung jawab siswa. Guru tidak hanya berperan sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pendidik dan pembimbing yang mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan. Melalui pendekatan yang humanis dan personal, guru mampu membangun hubungan yang baik dengan siswa dan memotivasi mereka untuk bertanggung jawab dalam belajar. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter, khususnya sikap tanggung jawab.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Sikap Tanggung Jawab, Nilai-Nilai Karakter
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fajarullah Alghifari
Date Deposited: 05 Dec 2025 02:19
Last Modified: 05 Dec 2025 02:19
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/918

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year