Mawarni, Sulistiawati (2000) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Berpikir Kritis pada Materi Akhlak Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, institus ilam mambaul ulum surakart.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (375kB)
BAB I.pdf
Download (257kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (271kB)
BAB III.pdf
Download (199kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (222kB)
BAB V.pdf
Download (63kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (139kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (735kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan berpikir krisis siswa pada materi Akhlak berbasis Kurikulum Merdeka.(2) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Suukoharjo, yang berlokasi di pokakan jetis RT 001/004, Pandeyan, Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo.Waktu penelitian berlangsung 3 bulan yaitu dari Juni hingga Agustus 2025. Subjek dan Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah,Guru PAI, serta Siswa. Teknik pengumpulan data observasi non-pastisipatif, wawancara tidak struktur, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan;1) bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo telah berperan sebagai;a)Sebagai Demonstrator, b) Sebagai Pengelolah kelas, c) Sebagai Mediator, d) Sebagai Evaluator. (2); Faktor pendukung dan faktor penghambat; a) Faktor pendukung meliputi ketersediaan modul ajar yang komprehensif, dukungan kepala sekolah, persepsi positif siswa terhadap pembelajaran aktif, dan kesadaran guru akan pentingnya berpikir kritis. Sementara itu b) faktor penghambat meliputi kebiasaan metode ceramah dalam kegiatan belajar mengajar, kesenjangan antara pemahaman dan implementasi metode interaktif, serta tantangan dalam mengoptimalkan peran guru sebagai mediator dan keterlibatan aktif siswa dalam merumuskan pertanyaan kritis.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Kurikulum Merdeka, Sekolah Menengah Pertama (SMP) |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 375 Kurikulum |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Sulistiawati Mawarni |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 01:11 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 01:11 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/940 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

