Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Berpikir Kritis pada Materi Akhlak Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025

Mawarni, Sulistiawati (2000) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Berpikir Kritis pada Materi Akhlak Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, institus ilam mambaul ulum surakart.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan berpikir krisis siswa pada materi Akhlak berbasis Kurikulum Merdeka.(2) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Suukoharjo, yang berlokasi di pokakan jetis RT 001/004, Pandeyan, Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo.Waktu penelitian berlangsung 3 bulan yaitu dari Juni hingga Agustus 2025. Subjek dan Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah,Guru PAI, serta Siswa. Teknik pengumpulan data observasi non-pastisipatif, wawancara tidak struktur, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan;1) bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo telah berperan sebagai;a)Sebagai Demonstrator, b) Sebagai Pengelolah kelas, c) Sebagai Mediator, d) Sebagai Evaluator. (2); Faktor pendukung dan faktor penghambat; a) Faktor pendukung meliputi ketersediaan modul ajar yang komprehensif, dukungan kepala sekolah, persepsi positif siswa terhadap pembelajaran aktif, dan kesadaran guru akan pentingnya berpikir kritis. Sementara itu b) faktor penghambat meliputi kebiasaan metode ceramah dalam kegiatan belajar mengajar, kesenjangan antara pemahaman dan implementasi metode interaktif, serta tantangan dalam mengoptimalkan peran guru sebagai mediator dan keterlibatan aktif siswa dalam merumuskan pertanyaan kritis.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kurikulum Merdeka, Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sulistiawati Mawarni
Date Deposited: 26 Nov 2025 01:11
Last Modified: 26 Nov 2025 01:11
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/940

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year