Pengaruh Metode Ceramah dan Praktik Terhadap Prestasi Belajar Fikih Siswi Kelas VII Madrasatul Qur’an Al-Mutawashitoh Jajar Islamic Center Tahun Ajaran 2024/2025

Amelia, Sindy (2025) Pengaruh Metode Ceramah dan Praktik Terhadap Prestasi Belajar Fikih Siswi Kelas VII Madrasatul Qur’an Al-Mutawashitoh Jajar Islamic Center Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of DAPUS.pdf] Text
DAPUS.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode ceramah dan metode praktik terhadap prestasi belajar fikih siswi kelas VII di Madrasatul Qur’an Al-Mutawashitoh Jajar Islamic Center. Metode ceramah adalah metode pengajaran yang digunakan oleh pendidik melalui hubungan satu arah (komunikasi satu arah). Metode praktik adalah salah satu metode yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan suatu materi atau pembahasan yang tidak dapat dijelaskan hanya dengan lisan ataupun metode lainnya. Prestasi belajar adalah proses perubahan yang dihasilkan dari pengalaman.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang diteliti adalah seluruh siswa kelas VII di Madrasatul Qur’an Al-Mutawashitoh Jajar Islamic Center yang berjumlah 68 orang siswa dan sampel 36 orang siswi. Penelitian ini menggunakan angket untuk mengumpulkan data metode ceramah dan praktik (X1, X2) dan nilai raport untuk mengumpulkan data prestasi belajar Fikih (Y). Peneliti menggunakan metode statistik deskriptif melalui aplikasi SPSS untuk menganalisis data. Data hasil uji validitas diperoleh hasil 31 soal valid dan 8 soal tidak valid dengan V>0,4. Uji reliabilitas X1 0,899 dan X2 0,858.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode ceramah dan praktik sama-sama berada pada kategori sedang sebanyak 20 siswa yaitu 55,6% (2) Prestasi belajar fikih memiliki kategori sedang sebanyak 15 siswa yaitu 41,7% (3) Tidak terdapat pengaruh metode ceramah dan praktik terhadap prestasi belajar siswi kelas VII di MQW Jajar Islamic Center. Hal ini diperoleh menggunakan rumus regresi linear berganda 0,230>0,05 dan nilai F hitung 1,536<3,27, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara X1 dan X2 terhadap Y.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: metode ceramah, metode praktik, prestasi belajar, fikih
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.3 Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sindy Amelia
Date Deposited: 02 May 2025 00:55
Last Modified: 02 May 2025 00:55
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year