Pengaruh Pembelajaran Tauhid terhadap Pembentukan Sikap Sabar Siswa di Sekolah Menengah Atas KMI Jajar Islamic Center Sambi Boyolali Tahun Ajaran 2025

Farhan, Muhammad (2025) Pengaruh Pembelajaran Tauhid terhadap Pembentukan Sikap Sabar Siswa di Sekolah Menengah Atas KMI Jajar Islamic Center Sambi Boyolali Tahun Ajaran 2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta..

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Tauhid terhadap pembentukan sikap sabar siswa Sekolah Menengah Atas di KMI JIC Sambi Boyolali Tahun Ajaran 2025. Latar belakang penelitian didasarkan pada pentingnya pendidikan Tauhid sebagai pondasi keimanan yang diyakini mampu menumbuhkan nilai-nilai kesabaran dalam kehidupan sehari-hari siswa, baik di sekolah maupun di luar sekolah.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain regresi linear sederhana. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA KMI JIC Sambi Boyolali berjumlah 99 orang, dengan sampel penelitian sebanyak 79 siswa yang ditentukan melalui teknik Slovin. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket skala Likert. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya dengan korelasi Product Moment Pearson serta Cronbach’s Alpha (α ≥ 0,7). Analisis data meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, serta pengujian hipotesis melalui regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Tauhid berpengaruh signifikan terhadap pembentukan sikap sabar siswa. Nilai signifikansi diperoleh sebesar 0,004 < 0,05 dengan t-hitung 2,903 > t-tabel 1,992, sehingga hipotesis diterima. Koefisien korelasi sebesar 0,320 menunjukkan adanya hubungan positif meskipun dalam kategori rendah, dengan kontribusi pengaruh sebesar 10,2% (R Square). Artinya, semakin baik pembelajaran Tauhid yang diterima siswa, semakin baik pula sikap sabar yang terbentuk. Penelitian ini menegaskan pentingnya optimalisasi pembelajaran Tauhid sebagai media penguatan karakter Islami, khususnya nilai kesabaran.

Kata Kunci: Pembelajaran Tauhid, Sikap Sabar, Pendidikan Agama Islam.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tauhid, Sikap Sabar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 205 Etika Keagamaan,Etika Agama
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam > 2X3.1 Iman Kepada Allah SWT, Alloh SWT
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Farhan
Date Deposited: 01 Dec 2025 04:07
Last Modified: 01 Dec 2025 04:07
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/972

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year