Peran Pendidikan Pesantren dalam Membangun Islamic Worldview bagi Santri di Era Disrupsi (Studi Kasus di Ma’had Tahfizhul Qur’an Baitul Hikmah Sukoharjo Tahun Ajaran 2023/2025)

Abdullah, Hazim Rahmat (2025) Peran Pendidikan Pesantren dalam Membangun Islamic Worldview bagi Santri di Era Disrupsi (Studi Kasus di Ma’had Tahfizhul Qur’an Baitul Hikmah Sukoharjo Tahun Ajaran 2023/2025). Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis peran pendidikan pesantren dalam membangun Islamic worldview bagi santri di Ma’had Tahfizhul Qur’an Baitul Hikmah Sukoharjo tahun ajaran 2023/2024. 2) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembentukan Islamic worldview santri di era disrupsi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa melalui triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data (data display), serta penarikan dan verifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pendidikan pesantren di Ma’had Tahfizhul Qur’an Baitul Hikmah Sukoharjo berperan penting dalam membangun Islamic worldview santri melalui pendekatan holistik yang menekankan pendidikan akhlak, pengajaran Al-Qur’an, dan internalisasi nilai-nilai Islam. 2) Faktor pendukungnya meliputi komitmen kiai dan ustadz, sistem pendidikan terpadu, serta integrasi teknologi dalam pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain pengaruh arus globalisasi, tantangan pemikiran sekuler dan liberal, serta keterbatasan fasilitas. Secara keseluruhan, pesantren mampu beradaptasi menghadapi era disrupsi tanpa meninggalkan prinsip dasar Islam, sehingga santri memiliki bekal kuat untuk menghadapi dinamika zaman dengan pandangan hidup Islami.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pesantren, Islamic Worldview, Era Disrupsi
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hazim Rahmat Abdullah
Date Deposited: 27 Nov 2025 08:34
Last Modified: 27 Nov 2025 08:34
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year