Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Kreativitas Siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Amal Mulya Tawangmangu Tahun Ajaran 2024/2025

Ambarwati, Nabila (2025) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Kreativitas Siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Amal Mulya Tawangmangu Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, pertama untuk mengetahui pembelajaran berbasis proyek pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Amal Mulya Tawangmangu. Kedua, untuk mengukur tingkat kreativitas siswa mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Amal Mulya Tawangmangu. Ketiga, untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis proyek pada meta Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap kreativitas siswa kelas VIII di SMP Amal Mulya Tawangmangu.
Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kuantitatif. Tempat dan waktu penelitian ini dilakukan di SMP Amal Mulya Tawangmangu pada tanggal 24 Juli 2025 – 24 September 2025. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru TU, siswa kelas VIII A dan B. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan berupa ststistik deskriptif dan analisis inferensial (pengujian hipotesis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap kreativitas siswa kelas VIII di SMP Amal Mulya Tawangmangu terbukti berpengaruh positif dan signifikan. Dan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP Amal Mulya Tawangmangu sudah terlaksanakan dengan baik. Serta dalam hal kreativitas siswa sudah ke dalam kategori cukup baik. Sehingga hasil dari penelitian ini dalam pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa di SMP Amal Mulya Tawangmangu terbukti berpengaruh positif dan signifikan dengan hasil pada kategori baik.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Siswa
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nabila Ambarwati
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:19
Last Modified: 04 Dec 2025 02:19
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1012

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year