Rahman, Fahrudin Nur (2025) Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Pencapaian (Achievement) Hafalan Siswa Kelas VIII di I’dadul Mu’allimin Tahfizhul Qur’an (IMTAQ) Shighor Isy Karima Karangpandan Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
BAB I.pdf
Download (332kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (439kB)
BAB III.pdf
Download (335kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (605kB)
BAB V.pdf
Download (198kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (194kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pemberian reward dan punishment terhadap pencapaian hafalan Al-Qur’an siswa kelas VIII di I’dadul Mu’allimin Tahfizhul Qur’an (IMTAQ) Shighor Isy Karima Karangpandan baik secara parsial maupun simultan. Reward adalah penghargaan yang diberikan kepada peserta didik karena mendapat hasil baik dengan tujuan agar senantiasa melakukan perbuatan yang baik dan terpuji. Punishment adalah suatu perbuatan yang kurang menyenangkan yang diberikan kepada peserta didik secara sadar dan sengaja, sehingga hatinya terdorong untuk tidak mengulanginya lagi. Pencapaian hafalan Al-Qur’an adalah hasil yang dicapai setelah melakukan hafalan Al-Qur’an.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas siswa kelas VIII di I’dadul Mu’allimin Tahfizhul Qur’an (IMTAQ) Shighor Isy Karima Karangpandan Karanganyar yang berjumlah 62 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif.
Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Reward untuk siswa kelas VIII IMTAQ Shighor Isy Karima Karangpandan, Karanganyar Tahun Pelajaran 2024/2025 berada pada kategori sedang dengan 66,10% dari 62 responden. (2) Punishment juga dalam kategori sedang dengan 61,30%. (3) Pencapaian hafalan siswa berada pada kategori sedang dengan 59,70%. (4) Reward berpengaruh positif terhadap hafalan Al Qur’an dengan thitung (8,774) > ttabel (2,001) dan signifikansi (0,000) < α (0,05), dengan koefisien regresi sebesar koefisien regresi 0,625. (5) Punishment juga berpengaruh positif dengan thitung (2,750) > ttabel (2,001) dan signifikansi (0,008) < α (0,05), dengan koefisien regresi sebesar 0,097. (6) Secara simultan, reward dan punishment berpengaruh terhadap hafalan Al Qur’an dengan Fhitung (65,513) > Ftabel (3,15) dan signifikansi (0,000) < α (0,05), adapun kontribusi sebesar 69%.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Reward, Punishment, Hafalan Al-Qur’an |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X1 Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Fahrudin Nur Rahman |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 07:25 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 07:25 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1023 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

