Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Pencapaian (Achievement) Hafalan Siswa Kelas VIII di I’dadul Mu’allimin Tahfizhul Qur’an (IMTAQ) Shighor Isy Karima Karangpandan Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025

Rahman, Fahrudin Nur (2025) Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Pencapaian (Achievement) Hafalan Siswa Kelas VIII di I’dadul Mu’allimin Tahfizhul Qur’an (IMTAQ) Shighor Isy Karima Karangpandan Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pemberian reward dan punishment terhadap pencapaian hafalan Al-Qur’an siswa kelas VIII di I’dadul Mu’allimin Tahfizhul Qur’an (IMTAQ) Shighor Isy Karima Karangpandan baik secara parsial maupun simultan. Reward adalah penghargaan yang diberikan kepada peserta didik karena mendapat hasil baik dengan tujuan agar senantiasa melakukan perbuatan yang baik dan terpuji. Punishment adalah suatu perbuatan yang kurang menyenangkan yang diberikan kepada peserta didik secara sadar dan sengaja, sehingga hatinya terdorong untuk tidak mengulanginya lagi. Pencapaian hafalan Al-Qur’an adalah hasil yang dicapai setelah melakukan hafalan Al-Qur’an.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas siswa kelas VIII di I’dadul Mu’allimin Tahfizhul Qur’an (IMTAQ) Shighor Isy Karima Karangpandan Karanganyar yang berjumlah 62 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif.
Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Reward untuk siswa kelas VIII IMTAQ Shighor Isy Karima Karangpandan, Karanganyar Tahun Pelajaran 2024/2025 berada pada kategori sedang dengan 66,10% dari 62 responden. (2) Punishment juga dalam kategori sedang dengan 61,30%. (3) Pencapaian hafalan siswa berada pada kategori sedang dengan 59,70%. (4) Reward berpengaruh positif terhadap hafalan Al Qur’an dengan thitung (8,774) > ttabel (2,001) dan signifikansi (0,000) < α (0,05), dengan koefisien regresi sebesar koefisien regresi 0,625. (5) Punishment juga berpengaruh positif dengan thitung (2,750) > ttabel (2,001) dan signifikansi (0,008) < α (0,05), dengan koefisien regresi sebesar 0,097. (6) Secara simultan, reward dan punishment berpengaruh terhadap hafalan Al Qur’an dengan Fhitung (65,513) > Ftabel (3,15) dan signifikansi (0,000) < α (0,05), adapun kontribusi sebesar 69%.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Reward, Punishment, Hafalan Al-Qur’an
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X1 Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrudin Nur Rahman
Date Deposited: 27 Nov 2025 07:25
Last Modified: 27 Nov 2025 07:25
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1023

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year