Wutsqo, Izzatul (2025) Pengaruh Keaktifan Siswa Mengikuti Program Bina Pribadi Islam (BPI) terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Huda Wonogiri Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
Halaman awal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (482kB)
Bab I.pdf
Download (303kB)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (417kB)
Bab III.pdf
Download (192kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (342kB)
Bab V.pdf
Download (197kB)
Daftar pustaka.pdf
Download (226kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya motivasi belajar pendidikan agama islam dan tingkat keaktifan siswa mengikuti program Bina Pribadi Islam yang masih belum optimal. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa mengikuti program Bina pribadi Islam (BPI) pada kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Huda Wonogiri Tahun Ajaran 2025/2026. (2) Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Huda Wonogiri Tahun Ajaran 2025/2026. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh keaktifan siswa mengikuti program Bina Pribadi Islam (BPI) terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam pada kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Huda Wonogiri Tahun Ajaran 2025/2026.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi yang digunakan sejumlah 154 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simpel random sampling yaitu 46 siswa dengan metode pengumpulan data berupa kuisioner (angket). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 25 for windows.
Hasil analisis data pada penelitian ini menujukkan bahwa (1) Tingkat keaktifan siswa mengikuti program Bina Pribadi Islam (BPI) yaitu rata-rata sebesar 82,33 dengan persentase kategori sedang 63% sejumlah 29 siswa, kategori tinggi sebesar 17% sejumlah 8 siswa dan kategori rendah 20% sejumlah 9 siswa. (2) Tingkat motivasi belajar Pendidikan Agama Islam yaitu rata-rata sebesar 84,13 dengan persentase kategori sedang sebesar 76% sejumlah 35 siswa, kategori tinggi sebesar 11% sejumlah 5 siswa dan kategori rendah sebesar 13% sejumlah 6 siswa. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan siswa mengikuti program Bina Pribadi Islam (BPI) terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Huda Wonogiri Tahun Ajaran 2025/2026. Pernyataan ini berdasarkan uji hipotesis yang menyatakan bahwa hasil uji t hitung pada penelitian ini yakni 3,006 > t tabel 2,015 dan dilihat dari tingkat signifikansinya memiliki nilai sebesar 0,004 < 0,05
serta diperoleh juga nilai R Square yaitu sebesar 0,170 atau 17% sehingga dapat diartikan Ho ditolak dan H, diterima.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Siswa, Program Bina Pribadi Islam (BPI). Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 204 Pengalaman Religius > 204.2 Pencerahan Spiritual 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Izzatul Wutsqo |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 06:34 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 06:34 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1028 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

