Pengaruh Penerapan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Qur'aniyah Al-Husnayain Surakarta Tahun Ajaran 2025/2026

Afriani, Roza (2025) Pengaruh Penerapan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Qur'aniyah Al-Husnayain Surakarta Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (936kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana Penerapan metode diskusi pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Qur’aniyah Al-Husnayain Surakarta tahun ajaran 2025/2026, (2) Bagaimana Hasil Belajar mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Al-Husnayain (3) Bagaimana Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak di Madrasah Qur’aniyah Al-Husnayain Surakarta.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif Deskriptif. Populasi dalam penelitian 58 santriwan dan santriwati, dan 58 santriwan dan santriwati dipakai semuanya untuk penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan hasil belajar dengan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknis analisis statistik deskriptif. Kemudian dilakukan uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, selanjutnya dilakukan uji hipotesis (menggunakan uji product moment).
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pengaruh penerapan metode diskusi memiliki nilai rata-rata sebesar 74,43 dan dalam kategori baik. (2) Hasil belajar Akidah Akhlak santriwan dan santriwati di Madrasah Qur’aniyah Al-Husnayain Surakarta diketahui nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 95 dengan nilai rata-rata 79,9 dalam kategori baik. Setelah di analisis menggunakan deskriptif analisis, dan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas,dan dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan produc moment (3) Penerapan metode diskusi terhadap hasil belajar akidah akhlak santriwan dan santriwati berpengaruh., dengan ditemukan rhitung 0,030 dengan nilai signifikan 0.823<0,05.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Hasil Belajar, Akidah Akhlak
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Roza Afriani
Date Deposited: 26 Nov 2025 03:26
Last Modified: 26 Nov 2025 03:26
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1057

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year