Afriani, Roza (2025) Pengaruh Penerapan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Qur'aniyah Al-Husnayain Surakarta Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (351kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (304kB)
BAB III.pdf
Download (936kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (764kB)
BAB V.pdf
Download (131kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (252kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (966kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana Penerapan metode diskusi pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Qur’aniyah Al-Husnayain Surakarta tahun ajaran 2025/2026, (2) Bagaimana Hasil Belajar mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Al-Husnayain (3) Bagaimana Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak di Madrasah Qur’aniyah Al-Husnayain Surakarta.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif Deskriptif. Populasi dalam penelitian 58 santriwan dan santriwati, dan 58 santriwan dan santriwati dipakai semuanya untuk penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan hasil belajar dengan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknis analisis statistik deskriptif. Kemudian dilakukan uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, selanjutnya dilakukan uji hipotesis (menggunakan uji product moment).
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pengaruh penerapan metode diskusi memiliki nilai rata-rata sebesar 74,43 dan dalam kategori baik. (2) Hasil belajar Akidah Akhlak santriwan dan santriwati di Madrasah Qur’aniyah Al-Husnayain Surakarta diketahui nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 95 dengan nilai rata-rata 79,9 dalam kategori baik. Setelah di analisis menggunakan deskriptif analisis, dan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas,dan dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan produc moment (3) Penerapan metode diskusi terhadap hasil belajar akidah akhlak santriwan dan santriwati berpengaruh., dengan ditemukan rhitung 0,030 dengan nilai signifikan 0.823<0,05.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Metode Diskusi, Hasil Belajar, Akidah Akhlak |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Roza Afriani |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 03:26 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 03:26 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1057 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

