Hadi, Affrida Rahmawati (2025) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Budi Utomo Surakarta Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (616kB)
BAB I.pdf
Download (283kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (315kB)
BAB III.pdf
Download (385kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (429kB)
BAB V.pdf
Download (162kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (183kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk sumber daya manusia yang unggul, berdaya saing, dan berakhlak mulia. Namun, di SMP Budi Utomo Surakarta masih ditemukan rendahnya motivasi belajar siswa yang disebabkan oleh kurang optimalnya kompetensi profesional guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui seberapa besar nilai kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di SMP Budi Utomo Surakarta, 2) mengetahui seberapa besar nilai motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Budi Utomo Surakarta, dan 3) mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Budi Utomo Surakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di SMP Budi Utomo Surakarta pada bulan Agustus 2025, populasi penelitian siswa kelas VIII yang berjumlah 188 siswa, sampel penelitian berjumlah 128 siswa menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen kompetensi professional guru berupa angket yang telah diuji melalui uji validitas dan reliabilitas, Hasil uji validitas menunjukkan bahwa seluruh item (20 item) memenuhi kriteria valid dengan r_{hitung} > 0,361 atau p-value ≤ 0,05. Uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach's Alpha menunjukkan nilai 0,948 > 0,6, sehingga seluruh instrumen dikategorikan reliabel. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: 1) kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di SMP Budi Utomo Surakarta memiliki nilai rata-rata sebesar 68% dan termasuk dalam kategori sedang, 2) motivasi belajar siswa kelas VIII memperoleh nilai rata-rata sebesar 52,34%, yang juga tergolong dalam kategori sedang, dan 3) berdasarkan hasil analisis statistik, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dan motivasi belajar siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,482 (kategori sedang) serta nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Adapun nilai koefisien regresi sebesar 0,404 menunjukkan bahwa setiap peningkatan kompetensi profesional guru sebesar satu satuan akan meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 0,404 satuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam, maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar Siswa |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.3 Islam dan Ilmu Sosial |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Affrida Rahmawati Hadi |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 03:02 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 03:02 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1068 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

