Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator dalam Penanaman Disiplin Shalat Berjamaah Siswa di SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Nabila, Nabila (2025) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator dalam Penanaman Disiplin Shalat Berjamaah Siswa di SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Tesis, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of halaman depan.pdf] Text
halaman depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of dapus.pdf] Text
dapus.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Disiplin Sholat Berjamaah Siswa di SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. 2) Untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Disiplin Sholat Berjamaah Siswa di SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif Deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Surakarta Tahun 2024/2025. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru PAI di SMP Negeri 6 Surakarta. Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Motivator yang sudah dilakukan untuk penanaman Disiplin Sholat Berjamaah yaitu Guru PAI Memberikan Nasihat, Penghargaan, Keteladanan, Pengawasan yang Bersifat Mendidik, Menumbuhkan Motivasi Instrinsik siswa dan Memberikan Bimbingan Bukan Paksaan, Guru Memberikan Penguatan Positif. 2) Dari Peran Guru PAI ini Faktor Pendukung yang ada di enam peran guru PAI adalah Peran Guru yang Aktif, Dukungan dari Pihak Sekolah dan Lingkungan yang Religius, dan Fasilitas yang Memadai. Faktor penghambat yang terdapat di peran guru PAI adalah Kurangnya Kesadaran Diri Siswa, Pengaruh teman Sebaya, Kurangnya Dukungan dari Orang Tua. Di pelaksanaan kegiatan disiplin sholat berjamaah antara guru PAI, pihak sekolah, dan orang tua agar senantiasa bekerjasama membina siswa dalam melaksanakan disiplin sholat berjamaah.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam, Motivator, Disiplin Sholat Berjamaah
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.5 Disiplin Sekolah dan Aktivitas yang Berkaitan
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nabila Nabila
Date Deposited: 02 Dec 2025 01:35
Last Modified: 02 Dec 2025 01:35
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1071

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year