Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih Peserta Didik Kelas XI di Madrasah Aliyah tahfizhul Qur'an Qoryatul Qur'an Tahun Pelajaran 2023/2024

Siwi, Yeliana Prada (0028) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih Peserta Didik Kelas XI di Madrasah Aliyah tahfizhul Qur'an Qoryatul Qur'an Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[thumbnail of BAB V .pdf] Text
BAB V .pdf

Download (165kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Fiqih peserta didik kelas XI di Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an tahun pelajaran 2023/2024.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Quryatul Qur’an. Metode pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi berupa nilai rapot. Angket Motivasi Belajar disusun berdasarkan indikator (gairah, semangat, rasa ingin tahu, kemandirian, percaya diri, konsentrasi, kesabaran, dan daya juang). Menggunakan skala Likert yang terdiri dari pernyataan positif dan negatif . Dan Dokumentasi Prestasi Belajar yang diambil dari nilai rapor mata pelajaran Fiqih. Dengan teknik analisis data yaitu Uji Validitas dan reliabilitas pada angket yang akan di gunakan untuk alat ukur, kemudian menghitung mean, interval, dan presentase frekuensi pada variabel X dan variabel Y, setelah itu uji prasyarat dengan uji normalitas dan uji linearitas, lalu uji hipotesis dengan tiga langkah yaitu mencari nilai korelasi, mencari besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y lalu mencari interpretasi koefisien korelasi. Validitas diuji dengan Korelasi Product Moment, hasil uji menunjukan bahwa semua butir angket dinyatakan valid sehingga layak digunakan sebagai alat ukur variabel x. reliabilitas diuji menggunakan Cronbach’s Alpha. hasil Cronbach’s Alpha sebesar 0,811, sehingga disimpulkan bahwa instrumen penelitian termasuk dalam kriteria Reliabel.

Berdasarkan hasil nilai koefisien determinasi (R) atau R square sebesar 0,774 maka nilai tersebut dikatakan berpengaruh sebesar 77,4%, menghitung interpretasi koefisien korelasi yang dilihat dari nilai R square berjumlah R 0.880 dalam kategori sangat kuat, sehingga disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi pada mata pelajaran fiqih, Oleh karena itu disarankan untuk intstansi untuk meningkatkan strategi-strategi dalam memotivasi peserta didik.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Fiqih
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yeliana Prada Siwi
Date Deposited: 01 Dec 2025 03:39
Last Modified: 01 Dec 2025 03:39
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1079

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year