Siwi, Yeliana Prada (0028) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih Peserta Didik Kelas XI di Madrasah Aliyah tahfizhul Qur'an Qoryatul Qur'an Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (706kB)
BAB I.pdf
Download (218kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (392kB)
BAB III.pdf
Download (385kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (610kB)
BAB V .pdf
Download (165kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (184kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Fiqih peserta didik kelas XI di Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Quryatul Qur’an. Metode pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi berupa nilai rapot. Angket Motivasi Belajar disusun berdasarkan indikator (gairah, semangat, rasa ingin tahu, kemandirian, percaya diri, konsentrasi, kesabaran, dan daya juang). Menggunakan skala Likert yang terdiri dari pernyataan positif dan negatif . Dan Dokumentasi Prestasi Belajar yang diambil dari nilai rapor mata pelajaran Fiqih. Dengan teknik analisis data yaitu Uji Validitas dan reliabilitas pada angket yang akan di gunakan untuk alat ukur, kemudian menghitung mean, interval, dan presentase frekuensi pada variabel X dan variabel Y, setelah itu uji prasyarat dengan uji normalitas dan uji linearitas, lalu uji hipotesis dengan tiga langkah yaitu mencari nilai korelasi, mencari besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y lalu mencari interpretasi koefisien korelasi. Validitas diuji dengan Korelasi Product Moment, hasil uji menunjukan bahwa semua butir angket dinyatakan valid sehingga layak digunakan sebagai alat ukur variabel x. reliabilitas diuji menggunakan Cronbach’s Alpha. hasil Cronbach’s Alpha sebesar 0,811, sehingga disimpulkan bahwa instrumen penelitian termasuk dalam kriteria Reliabel.
Berdasarkan hasil nilai koefisien determinasi (R) atau R square sebesar 0,774 maka nilai tersebut dikatakan berpengaruh sebesar 77,4%, menghitung interpretasi koefisien korelasi yang dilihat dari nilai R square berjumlah R 0.880 dalam kategori sangat kuat, sehingga disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi pada mata pelajaran fiqih, Oleh karena itu disarankan untuk intstansi untuk meningkatkan strategi-strategi dalam memotivasi peserta didik.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Fiqih |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Yeliana Prada Siwi |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 03:39 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 03:39 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1079 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

