Pengaruh Penerapan Metode Ceramah dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IX di Sekolah Menengah Islam Terpadu Imam Muslim Palu Tahun Ajaran 2025/2026

Yassir, Muhammad (2025) Pengaruh Penerapan Metode Ceramah dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IX di Sekolah Menengah Islam Terpadu Imam Muslim Palu Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mambaul'ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan metode ceramah terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI); (2) tingkat motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI; serta (3) pengaruh metode ceramah dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas IX di SMPIT Imam Muslim Palu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX sebanyak 41 siswa. Data metode ceramah (X1) dan motivasi belajar (X2) diperoleh melalui angket, sedangkan data hasil belajar PAI (Y) diperoleh dari dokumentasi nilai rapor. Analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, uji regresi linier berganda serta uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode ceramah tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PAI dengan nilai signifikansi sebesar 0,199 > 0,05; (2) Motivasi belajar juga tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PAI dengan nilai signifikansi sebesar 0,096 > 0,05; (3) Secara simultan, penerapan metode ceramah dan Tingkat motivasi belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PAI dengan nilai signifikansi sebesar 0,149 > 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode ceramah maupun motivasi belajar tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IX SMPIT Imam Muslim Palu Tahun Ajaran 2025/2026.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Ceramah, Motivasi Belajar, Hasil Belajar PAI
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Yassir
Date Deposited: 03 Dec 2025 04:26
Last Modified: 03 Dec 2025 04:26
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1099

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year