Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Jatisalam Wuryantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2025/2026

Hidayat, Amalia Rizki (2025) Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Jatisalam Wuryantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)

Abstract

Tantangan pendidikan di era globalisasi menuntut guru untuk mampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan efektif agar siswa dapat memahami materi dengan baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui penggunaan bahan ajar yang bervariasi, seperti Lembar Kerja Siswa (LKS). LKS berperan penting sebagai panduan dan sarana belajar mandiri bagi siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah Jatisalam Wuryantoro Wonogiri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex Post Facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI MI Muhammadiyah Jatisalam sebanyak 36 siswa, yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui angket untuk variabel penggunaan LKS dan dokumentasi nilai hasil belajar IPA siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji normalitas dengan Shapiro-Wilk, serta uji hipotesis dengan korelasi Product Moment Pearson yang dibantu dengan program SPSS versi 25.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas VI MI Muhammadiyah Jatisalam. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi (p) < 0,05 sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh positif antara penggunaan LKS terhadap hasil belajar IPA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin baik penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS), maka semakin tinggi pula hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas VI MI Muhammadiyah Jatisalam Wuryantoro Wonogiri tahun pelajaran 2025/2026.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
500 Sains, Ilmu Pengetahuan Alam, IPA > 507 Pendidikan Sains,Pendidikan IlmuPengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Amalia Rizki Hidayat
Date Deposited: 09 Dec 2025 02:35
Last Modified: 09 Dec 2025 02:35
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1120

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year