Imanulhaq, Mazida (2025) Pengaruh Literasi Membaca terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlaq Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (986kB)
BAB 1.pdf
Download (141kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (244kB)
BAB 3.pdf
Download (1MB)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (261kB)
BAB 5.pdf
Download (91kB)
DAFPUS.pdf
Download (114kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (955kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih ada beberapa siswa yang memiliki kemampuan literasi membaca dibawah kompetensi minimum sehingga berakibat pada rendahnya prestasi belajar pada siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) bagaimana kemampuan literasi membaca siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025, (2) bagaimana prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025, (3) apakah ada hubungan antara kemampuan literasi membaca dengan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan korelasi Spearman. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Korelasional adalah cara matematis untuk menyatakan kekuatan hubungan antara dua variabel. Uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk dan diperoleh data berdistribusi tidak normal, sehingga Uji Hipotesis menggunakan Uji non-parametrik Spearman.
Hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan literasi membaca siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025 tergolong dalam kategori sedang sebanyak 38 siswa dengan persentase 90%, (2) Prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025 berada pada kategori sedang sebanyak 30 siswa dengan persentase 71%.(3)Berdasarkan analisis data menggunakan uji Spearman diperoleh hasil nilai Sig. (2-Tailed) sebesar 0,150 (>0,05) maka bisa disimpulkan bahwa variabel literasi tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar. Hal tersebut menujukkan bahwa variabel literasi membaca dengan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq tidak memiliki hubungan. Dengan nilai korelasi sebesar (-226) menunjukkan tingkat hubungan negatif yang sangat lemah.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Literasi Membaca, Prestasi Belajar Aqidah Akhlaq |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 201 Mitologi Keagamaan, Mitologi Agama > 201.6 Hubungan Agama dengan Disiplin Ilmu Lainnya 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mazida Imanulhaq |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 06:17 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 06:17 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1123 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

