Pengaruh Literasi Membaca terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlaq Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025

Imanulhaq, Mazida (2025) Pengaruh Literasi Membaca terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlaq Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of DAFPUS.pdf] Text
DAFPUS.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih ada beberapa siswa yang memiliki kemampuan literasi membaca dibawah kompetensi minimum sehingga berakibat pada rendahnya prestasi belajar pada siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) bagaimana kemampuan literasi membaca siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025, (2) bagaimana prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025, (3) apakah ada hubungan antara kemampuan literasi membaca dengan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan korelasi Spearman. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Korelasional adalah cara matematis untuk menyatakan kekuatan hubungan antara dua variabel. Uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk dan diperoleh data berdistribusi tidak normal, sehingga Uji Hipotesis menggunakan Uji non-parametrik Spearman.
Hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan literasi membaca siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025 tergolong dalam kategori sedang sebanyak 38 siswa dengan persentase 90%, (2) Prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025 berada pada kategori sedang sebanyak 30 siswa dengan persentase 71%.(3)Berdasarkan analisis data menggunakan uji Spearman diperoleh hasil nilai Sig. (2-Tailed) sebesar 0,150 (>0,05) maka bisa disimpulkan bahwa variabel literasi tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar. Hal tersebut menujukkan bahwa variabel literasi membaca dengan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq tidak memiliki hubungan. Dengan nilai korelasi sebesar (-226) menunjukkan tingkat hubungan negatif yang sangat lemah.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Literasi Membaca, Prestasi Belajar Aqidah Akhlaq
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 201 Mitologi Keagamaan, Mitologi Agama > 201.6 Hubungan Agama dengan Disiplin Ilmu Lainnya
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mazida Imanulhaq
Date Deposited: 09 Dec 2025 06:17
Last Modified: 09 Dec 2025 06:17
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1123

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year