Wulandari, Andi Nur Putri (2025) Efektivitas Pembelajaran Daring dan Luring terhadap Peningkatan Kualitas Pemahaman Mahasiswa PAI Kelas Ma’had di Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta Tahun Akademik 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
BAB 1.pdf
Download (2MB)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
BAB 3.pdf
Download (3MB)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
BAB 5.pdf
Download (654kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (3MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dalam meningkatkan kualitas pemahaman mahasiswa Pendidikan Agama Islam kelas Ma’had di Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk membandingkan tingkat pemahaman mahasiswa antara kelas yang menggunakan pembelajaran daring dengan kelas yang mengikuti pembelajaran tatap muka.
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam kelas Ma’had tahun akademik 2024/2025 yang berjumlah 52 orang, terbagi atas kelas eksperimen (39 mahasiswa) yang mengikuti pembelajaran daring, dan kelas kontrol (13 mahasiswa) yang mengikuti pembelajaran tatap muka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar (post-test), dan analisis data menggunakan uji normalitas, serta uji Mann-Whitney dengan bantuan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi uji Mann-Whitney sebesar 0,438 (> 0,05). Hal ini berarti hipotesis nol (H0) diterima dan hipotesis alternative (Ha) ditolak. Dengan demikian, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pemahaman mahasiswa yang mengikuti pembelajaran daring dengan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka.
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

