Efektivitas Pembelajaran Daring dan Luring terhadap Peningkatan Kualitas Pemahaman Mahasiswa PAI Kelas Ma’had di Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta Tahun Akademik 2024/2025

Wulandari, Andi Nur Putri (2025) Efektivitas Pembelajaran Daring dan Luring terhadap Peningkatan Kualitas Pemahaman Mahasiswa PAI Kelas Ma’had di Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta Tahun Akademik 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dalam meningkatkan kualitas pemahaman mahasiswa Pendidikan Agama Islam kelas Ma’had di Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk membandingkan tingkat pemahaman mahasiswa antara kelas yang menggunakan pembelajaran daring dengan kelas yang mengikuti pembelajaran tatap muka.

Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam kelas Ma’had tahun akademik 2024/2025 yang berjumlah 52 orang, terbagi atas kelas eksperimen (39 mahasiswa) yang mengikuti pembelajaran daring, dan kelas kontrol (13 mahasiswa) yang mengikuti pembelajaran tatap muka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar (post-test), dan analisis data menggunakan uji normalitas, serta uji Mann-Whitney dengan bantuan program SPSS.

Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi uji Mann-Whitney sebesar 0,438 (> 0,05). Hal ini berarti hipotesis nol (H0) diterima dan hipotesis alternative (Ha) ditolak. Dengan demikian, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pemahaman mahasiswa yang mengikuti pembelajaran daring dengan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Daring dan Luring, Kualitas Pemahaman
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nur Putri Wulandari
Date Deposited: 11 Dec 2025 04:03
Last Modified: 11 Dec 2025 04:03
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1126

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year