Penerapan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Fikih dalam Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 01 Karanganyar Tahun Pembelajaran 2023/2024

Fatikhah, Annisa Nur (2024) Penerapan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Fikih dalam Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 01 Karanganyar Tahun Pembelajaran 2023/2024. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surkarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB1.pdf] Text
BAB1.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of BAB2.pdf] Text
BAB2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB3.pdf] Text
BAB3.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of BAB4.pdf] Text
BAB4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB5.pdf] Text
BAB5.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah proses penyampaian materi pada Kurikulum Merdeka mata pelajaran Fikih dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas X. (2) Untuk mengetahui kendala dalam penerapan Kurikulum Merdeka mata pelajaran Fikih guna meningkatan kreativitas siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 01 Karanganyar tahun pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 01 Karanganyar. Data yang dibutuhkan adalah proses penerapan kurikulum merdeka. Sumber data antara lain Wakil Kepala Kurikulum, Guru Fikih, dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Data dianalisis dengan Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses penyampaian materi untuk meningkatkan kreativitas siswa dapat dilihat ketika (a) Guru mempersiapkan siswa, (2) Guru menyampaikan tujuan, memberi motivasi, dan menyampaikan materi, (3) Guru menggunakan Metode Ceramah dan Tanya Jawab, (4) Guru mendemonstrasikan materi pembelajaran, (5) Guru menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning, (6) Guru menggunakan media pembelajaran LCD dan alat peraga, (7) Guru mengevaluasi pembelajaran. Kemudian kendala yang dialami dalam penerapan Kurikulum Merdeka sejauh ini masih berada pada tingkat kemampuan guru dalam memahami ilmu teknologi.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Fikih, Kreativitas
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.332 Madrasah Aliyah
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Staf Perpus
Date Deposited: 06 Feb 2025 07:37
Last Modified: 06 Feb 2025 07:37
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/12

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year