Implementasi Problem Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka di SMPIT Insan Kamil Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025

Rusniyah, Rusniyah (2025) Implementasi Problem Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka di SMPIT Insan Kamil Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surkarta.

[thumbnail of RUSNIYAH_2130022117_HALAMAN DEPAN.pdf] Text
RUSNIYAH_2130022117_HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
RUSNIYAH_2130022117_BAB I.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
RUSNIYAH_2130022117_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
RUSNIYAH_2130022117_BAB III.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
RUSNIYAH_2130022117_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
RUSNIYAH_2130022117_BAB V.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of Daftar pustaka] Text (Daftar pustaka)
RUSNIYAH_2130022117_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
RUSNIYAH_2130022117_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana implementasi problem based learning pada pembelajaran pendidikan agama islam dalam kurikulum merdeka dan apa saja faktor penghambat dana pendukung dalam implementasi Problem Basedl Learning ini. Model Pembelajaran problem based learning (PBL) ialah sebuah model pembelajaran yang dapat memberi motivasi terhadap peserta didik untuk mampu memecahkan sebuah permasalahan, mendiskusikan persoalan untuk diberikan solusi atas permasalahan yang telah diberikan oleh guru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Langkah langkah analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah ; Pertama, Implementasi Problem Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran PAI di SMPIT Insan Kamil Karanganyar, dengan Kurikulum Merdeka, melibatkan langkah-langkah terstruktur untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Guru-guru PAI merancang kasus-kasus relevan untuk memicu minat siswa dalam memecahkan masalah sosial atau moral. Kedua, melalui riset mandiri dan kolaborasi, mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Presentasi solusi dan umpan balik dari guru membantu memperbaiki pemahaman mereka tentang konsep agama dan moral. Ketiga, penerapan PBL juga berpotensi meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, menghubungkan teori dengan praktik, dan mempersiapkan mereka untuk tantangan di luar kelas. Meski dihadapi oleh keterbatasan waktu dan resistensi beberapa guru, dukungan manajemen sekolah dan pengembangan pelatihan guru dapat mengoptimalkan hasil pembelajaran.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Problem Basel Learning, Kurikulum Mereka, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nona Rusniyah Rusniyah
Date Deposited: 14 May 2025 02:58
Last Modified: 14 May 2025 03:06
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/127

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year