Awwaliyah, Nafilah Khusnul (2025) Implementasi Model Pembelajaran Student Centered Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IX SMP Insan Cendekia Boarding School Sukoharjo Tahun Ajaran 2023/ 2024. Skripsi, Institut isalam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
![[thumbnail of Halaman Depan.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
![[thumbnail of Bab 1.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of Bab 2.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
![[thumbnail of Bab 3.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 3.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of Bab 4.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
![[thumbnail of Bab 5.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 5.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas model Student Centered Learning (SCL) dalam mata pelajaran PAI di SMP Insan Cendekia Boarding School Sukoharjo, dengan tujuan memberikan wawasan tentang penerapan SCL dalam pendidikan agama dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan teknik. Kemudian untuk analisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemandirian siswa dalam memanfaatkan sumber daya, meskipun beberapa masih bergantung pada guru. Guru berperan sebagai fasilitator yang mendorong siswa untuk menggunakan teknologi guna mencari informasi secara mandiri. Model SCL ini berpotensi meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa, dengan menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran dan guru sebagai pendukung perkembangan mereka.
Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Student-Centered Learning, Islamic Education, Boarding School, educational improvement |
Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nafilah Khusnul Awwaliyah |
Date Deposited: | 19 May 2025 06:38 |
Last Modified: | 19 May 2025 06:38 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/134 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year