Mubarok, Ahmad (2025) Penerapan Student Centered Learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.
![[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (269kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (639kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan student centered learning pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X Madrasah Aliyah Negeri I Surakarta tahun ajaran 2024/2025 serta faktor yang menghambat dan yang mendukung penerapan student centered learning pada mata pelajaran akidah akhlak bagi kelas X.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan teknik. Kemudian untuk analisis data penulis menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan student centered learning pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas X cukup efektif dalam meningkatkan antusiasme pembelajaran. penerapan student centered learning membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Adapun faktor yang mendukung penerapan student centered learning adalah antusiasme siswa terhadap metode pembelajaran yang bervariasi serta pemanfaatan tekhnologi seperti WhatsApp dan PPT dan faktor yang menghambat penerapan student centered learning adalah kendala teknis seperti kerusakan proyektor yang mengganggu proses pembelajaran, kurangnya modul ajar serta perbedaan kemampuan belajar antarsiswa. serta respon dari siswa terhadap penerapan student centered learning sangat dan menjadi faktor yang menghambat dalam pembelajaran
Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Centered Learning, Akidah Akhlak |
Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Husen Rois Mubarok |
Date Deposited: | 19 May 2025 08:22 |
Last Modified: | 19 May 2025 08:22 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/142 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year