Penerapan Student Centered Learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Mubarok, Ahmad (2025) Penerapan Student Centered Learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (639kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan student centered learning pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X Madrasah Aliyah Negeri I Surakarta tahun ajaran 2024/2025 serta faktor yang menghambat dan yang mendukung penerapan student centered learning pada mata pelajaran akidah akhlak bagi kelas X.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan teknik. Kemudian untuk analisis data penulis menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan student centered learning pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas X cukup efektif dalam meningkatkan antusiasme pembelajaran. penerapan student centered learning membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Adapun faktor yang mendukung penerapan student centered learning adalah antusiasme siswa terhadap metode pembelajaran yang bervariasi serta pemanfaatan tekhnologi seperti WhatsApp dan PPT dan faktor yang menghambat penerapan student centered learning adalah kendala teknis seperti kerusakan proyektor yang mengganggu proses pembelajaran, kurangnya modul ajar serta perbedaan kemampuan belajar antarsiswa. serta respon dari siswa terhadap penerapan student centered learning sangat dan menjadi faktor yang menghambat dalam pembelajaran

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Student Centered Learning, Akidah Akhlak
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Husen Rois Mubarok
Date Deposited: 19 May 2025 08:22
Last Modified: 19 May 2025 08:22
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year