Penguatan Nilai-Nilai Keislaman dalam Konteks Multikulturalisme di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Ulya Sragen

Kholil, Kholil (2025) Penguatan Nilai-Nilai Keislaman dalam Konteks Multikulturalisme di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Ulya Sragen. Tesis, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of halaman depan.pdf] Text
halaman depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Ulya Sragen dalam memperkuat nilai-nilai keislaman di tengah lingkungan santri yang multikultural. Fokus kajian ini adalah pada upaya pesantren dalam membentuk karakter santri yang berlandaskan nilai-nilai Islam, namun tetap adaptif terhadap keberagaman budaya, etnis, dan latar belakang sosial santri yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pengasuh, ustadz, dan santri, serta studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif-kualitatif dengan merujuk pada teori pendidikan Islam dan pendekatan multikulturalisme.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Ulya menerapkan sejumlah strategi dalam penguatan nilai-nilai keislaman, antara lain melalui penguatan kurikulum berbasis Al-Qur’an dan hadis, pembinaan akhlak secara intensif, penanaman sikap toleransi melalui interaksi sosial santri, serta pengelolaan lingkungan pesantren yang menekankan persatuan dalam keberagaman. Meskipun menghadapi tantangan seperti perbedaan budaya dan keterbatasan sumber daya, pesantren ini berhasil membangun iklim pendidikan yang inklusif dan harmonis, yang mendukung penguatan nilai-nilai Islam dalam kerangka multikulturalisme.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendidikan Pesantren, Nilai-Nilai Keislaman, Multikulturalisme, Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Ulya, Pendidikan Inklusif
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kholil Kholil
Date Deposited: 26 May 2025 01:48
Last Modified: 26 May 2025 01:48
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year